Heimama Egg Tart



Bismillah

Gantian bikin pie dkk. Hari ini rajin bikin kue ya. Supaya nggak terasa sepi ditinggal zauji mudik. Walau adik suka juga bertandang ke rumah, tapi tetap aja sepi. Kalau sibuk buat kue begini, kangennya jadi terlupakan. Hehee...

Pie ini mirip pie susu, populer dengan sebutan pie heimama karena dipopulerkan oleh blog heimama. Kalau nggak pakai vanili, amis telurnya berasa banged. Kalau disuruh milih, saya lebih suka pie buah, lebih seger.


Seperti yang kita tahu, pie ada berbagai macam. Ada pie manis dan pie savory. Ada pie yang dicetak di cetakan pie besar, ada juga yang disajikan mini begini. Belum lagi ada pie sederhana atau rustic pie. Kalau sering menjelajahi blog, kita bisa menemukan aneka macam pie dengan beraneka macam hiasan. Ada model anyaman yang unik seperti pada apple pie ataupun lemon pie. Sebenarnya pie ini identik dengan makanan rumahan ala pedesaan. Makanan yang membuat kangen kampung. Khasnya negara eropa sana, tapi sudah populer di seluruh dunia. Mungkin orang indonesia belum begitu familiar dengan pie. Yang sudah populer paling seperti pie buah, yang biasa selalu ada dalam snack box. Oke deh, intip resep heimama egg tart ya. Rekomendasi saya, fillingnya pakai vanili ekstract supaya amis telurnya lebih tertutupi.


Resep Heimama Egg Tart
Sumber: Hesti Kitchen

Bahan:

1. 300 gram tepung terigu
2. 2 sdm tepung custard
3. 2 sdm susu bubuk
4. 1 sdm gula halus
5. 1 butir telur
6. 200 gram salted butter

Bahan Filling:

1. 200 gram gula pasir 
2. 350 gram air
3. 5 buti telur kocok lepas
4. 100 gram susu evaporated
5. Beberapa tetes vanilla ekstract

Cara Membuat:

1. Potong mentega dingin kecil-kecil. Campur tepung terigu, tepung custard, susu bubuk dan gula. Masukkan mentega dan telur. Aduk dengan pisau pastry. Bungkus dengan cling warp dan simpan dalam kulkas selama 15 menit.
2. Siapkan filling: Panaskan gula dan air asal larut saja, dinginkan.Kocok lepas telur, susu evaporated dan vanilla. Masukkan dalam larutan gula. Saring 3 x.
3. Cetak kulit pie, isi dengan filling.
4. Panggang selama 20 menit dengan suhu 180 C. Sajikan.

Selamat Mencoba ^_^



With Love




post signature

No comments: