Loaf Bread - Roti Tawar



Bismillah

Roti lagi? Iya, soalnya senang sama hasil roti kemarin yang lembut. Lanjut coba bikin roti tawar. Cuma sayang nggak pakai loyang khusus roti tawar. Bentuknya jadi mirip roti sobek, hihihi. Dimakan pakai selai, yummy. Buat roti tawar sendiri yuk.


Resep Loaf Bread - Roti Tawar

Bahan:

1. 200 gram tepung terigu protein tinggi
2. 50 gram tepung terigu protein sedang
3. 3 gram ragi instan
4. 20 gram gula pasir
5. 10 gram susu bubuk
6. 1 butir telur, kocok lepas
7. 125 ml susu cair dingin
8. 25 gram butter
9. 3 gram garam halus

Cara Membuat:

1. Campurkan bahan kering yaitu terigu, ragi instan, susu bubuk dan gula pasir. Aduk rata.
2. Masukkan telur dan susu cair dingin sedikit demi sedikit sambil diuleni. Hentikan penambahan air jika dirasa adonan sudah cukup bisa diuleni. Uleni hingga kalis. 
3. Masukkan butter dan garam. Uleni hingga kalis elastis.
4. Pindahkan adonan ke atas permukaan meja bersih yang ditaburi terigu. Uleni sebenter. Bulatkan adonan. Simpan dalam wadah besar yang diolesi sedikit minyak. Tutup dengan cling warp. Diamkan selama 1 jam hingga mengembang 2x lipat.
5. Kempeskan adonan, pindahkan lagi ke permukaan meja yang diberi sedikit terigu. Uleni lagi sebentar saja. Bagi adonan menjadi 4 bagian sama rata. Bulatkan. Diamkan selama 10 menit.
6. Gilas masing-masing adonan. Gulung sambil dirapatkan. Lakukan sekali lagi (tipisan dan gulung lagi). Lakukan hal yang sama pada semua adonan. 
7. Tata berjejer di dalam loyang yang telah dioles mentega. Tutup dengan plastik warp. Diamkan selama 50-60 menit hingga mengembang. Sambil menunggu, panaskan oven.
8. Panggang dengan oven bersuhu 180 C selama 20-25 menit hingga matang.
9. Keluarkan daro loyang, dinginkan. Iris-iris dan siap disantap dengan selai favorit.

Selamat Mencoba ^_^

With Love




post signature

No comments: