Mochi Ketan Hitam isi Kacang Hijau







Bismillah

Akhirnya jadi juga bikinmochi ketan hitam yang udah lama diidam-idamkan. Sejak pertama bikin mochi penasaran banged gimana rasanya kalau dimodifikasi dengan ketan hitam. Rasanya pasti legit ya. Coba buat tapi pakai metode seperti mbak hesti dan teh ayu yang dikukus belakangan. Memang jauuuh lebih kenyal dan chewi yang metode original. Plus lebih awet. Tapi yang ini enak juga kok. Cocok buat yang malas berlengket-lengeket ria. Hihihi. Luarnya saya pakai kelapa parut dan wijen. Perpaduan mochinya teh ayu dan mbak hesti. Isinya kacang hijau. Enak dan laris. 



Resep Mochi Ketan Hitam
Sumber: Momilicious - Hesti Kitchen

Bahan:

1. 150 gram tepung ketan putih
2. 50 gram tepung ketan hitam
3. 50 gram gula pasir
4. 10 gram tepung maizena
5. 1 sdm minyak
6. 100 ml air biasa
7. 50 ml air panas
8. 1/4 sdt garam
9. 1/2 sdt Vanili bubuk

Bahan Isi

1. 150 gram kacang hijau kupas, rendam 2 jam
2. 100 ml susu cair [saya pakai santan]
3. 75 gr gula pasir
4. 1/4 sdt garam

Balutan:

Kelapa parut kukus secukupnya
Wijen sangrai secukupnya



Cara Membuat:

Isian

1. Kukus kacang hijau 30 menit hingga mekar. Campur susu/santan, gula dan garam, serta kacang yang sudah dikukus masak sambil diaduk hingga kalis. Setelah dingin, bentuk bulat.

Mochi

2. Campur tepung ketan hitam dan putih, tambahkan gula, garam, vanilli, aduk rata. Tambahkan minyak, aduk lagi. Campur maizena dengan 50 ml air biasa kemudian masukan air panas, masukan ke dalam campuran tepung, aduk kembali hingga rata. Tuang sisa air, uleni hingga kalis.
Ambil sedikit adonan, beri isian, lalu kukus di dalam dandang yang dialasi daun pisang yang sudah diolesi minyak. Kukus selama 10 menit. Angkat dengan spatula kecil yang sudah diolesi minyak, gulingkan mochi ke dalam balutan wijen atau kelapa parut kukus.

Selamat Mencoba ^_^





With Love












post signature

No comments: