Roti isi vla




Bismillah

Session kedua bikin roti hari ini. Roti isi vla. Pengennya buat seperti rotinya mbak hesti. Bunga imut-imut gitu. Eh kelamaan resting, jadi kegedean rotinya. Kelopak bunganya melebar, yang ada mirip kaki kura-kura. Puter otak, vlanya dikasi pasta pandan dan tabur kismis, jadi lebih menarik deh. Anak-anak suka keduanya, mau yang coklat ataupun yang isi vla ini, Karena sama-sama enak. Apalagi kalau pakai buah-buahan seperti resep aslinya. Nyam,,, Oya yang saya share resep aslinya aja ya. 


Roti Isi Vla
Sumber: Hesti Kitchen

Bahan Water Roux:

1. 50 gram tepung terigu protein tinggi
2. 250 ml air

Bahan Roti:

1. 400 gram tepung terigu protein tinggi
2. 200 gram tepung terigu protein sedang
3. 125 gram gula pasir
4. 2 sdm susu bubuk full cream
5. 1 butir telur dan 1 kuning telur
6. 10 gram ragi instan
7. 200 gram water roux
8. 175-200 ml air hangat
9. 75 gram margarin
10. 1 sdt garam

Bahan Vla:

1. 1/2 kaleng susu kental manis
2. 600 ml air
3. 6 sdm gula pasir
4. 30 gram tepung custard
5. 30 gram tepung terigu
6. 1/2 sdt vanili bubuk
7. 1 kuning telur
8. 1sdm salted butter

Cara Membuat:

1. Water roux: Dalam panci, campur air dan tepung terigu. Aduk rata sampai halus dan tidak bergerindil. Masak dengan api sedang sampai kental. Jangan sampai mendidih. Sisihkan hingga dingin.
2. Roti: Aduk semua bahan kering kecuali margarin dan garam. Masukkan campuran water roux, air dan telur. Uleni hingga kalis. Tambahkan margarin dan garam lalu ulen hingga kalis elastis. 
3. Tutup dengan cling warp lalu fermentasikan hingga mengembang dua kali lipat.
4. Ambil adonan sekitar 30 gram. Pipihkan bentuk bulat. Taruh di paper cup. Ambil adonan yang lain seberat 20 gram lalu gulung memanjang. Potong-potong dan letakkan sekeliling adonan dasar tadi. Beri jarak karena nanti pinggirannya akan mengembang dan rapat. Letakkan loyang muffin kecil yang diiles butter ditengahnya. Setelah penuh satu loyang, letakkan loyang lain diatasnya. 
5. Fermentasikan selama 45 menit. Panggang selama 15 menit atau hingga matang. 
6. Selagi menunggu roti matang, buat vlanya. Campur semua bahan vla kecuali butter. Saring dan masak sambil diaduk-aduk hingga meletup-letup. Masukkan butter, aduk sampai butter lumer dan adonan licin. Angkat. Beri isi vla ditengah roti dan tata buah diatasnya, Sajikan,







post signature

No comments: