Getuk Lapis


Bismillah

Bulan singkong? Katanya sih, kurang faham juga. Yang penting memang udah planning pengen bikin getuk lapis ini, Sampai kebawa mimpi.Yang bener? Beneran..soalnya kangen maem getuk. Padahal sebulan yang lalu makan getuk gulung ya. Tapi kangen lagi. Butuh pengorbanan yang lumayan nyari singkong dan tehnya, perlu blusukan dulu (hahaha kalau yang ini lebay). Maklum jarang keluar rumah, bisa diitung jarilah intensitas keluarnya, mesti ngerayu zauji dulu, hihii. Nemunya juga cuma teh kotak. Nggak papa ya? Singkongnya seperti biasa mihiillll, makainya terpaksa dikit dikit,,,huhuuu,,,pengen nanam singkong jadinya kalau mihil gini. Jadi saudagar singkong, gimana? #kedip-kedip eksotis.


Dulu entah mengapa nggak suka deh ma getuk. Nggak suka aja. Kalau ada jajanan getuk pasti diabaikan. Yang saya suka palingan cenil, karena bentuknya yang unyu-unyu. Nah sekarang akibat kangen kampung yang sampai saat ini belum tersalurkan, segala yang berbau khas indonesia, saya suka. Mengalahkan cemilan modern lainnya, jajanan indonesia jadi nomer satu. Dan ternyata si getuk ini enak kok, apalagi dengan kelapa parutnya yang gurih, yummy. Kalau jajanan gini nggak tahan lama, suka rebutan, hehehe. Ni pas motret aja ditungguin sama anak bujang, walau udah dikasi bagian masing-masing, tetap yang difoto itu yang jadi idaman mereka. Senang? Banged...makanan buatanku selalu disukai mereka, tapi kadang ada bete juga, motret nggak pernah bisa konsen, huhhu...mungkin inilah balada ibu rumah tangga yang tetap maksain "blogging", gimana sih, udah suka aja masak, motret dan update di blog. Sebentar nggak nulis udah kangen. Walau kadang updatenya suka telat.

Ups, jadi curhat ya. Getuk lapis ini mudah banged buatnya, tinggal kukus singkongnya, halusin sama gula dan vanili, kasi pasta kalau mau warna warni, susun deh di cetakan atau loyang. Tabur sama kelapa parut kukus plus garam. Gampang? Makanya buat yuuuk...



Resep Getuk Lapis
Sumber: Sajian Sedap

Bahan:

1. 1/4 sendok teh garam 
2. 1.000 gram singkong 
3. 1 lembar daun pandan 
4. 150 gram gula pasir 
5. 1 sendok teh garam 
6. 1/4 sendok teh esens vanili 
7. 200 gram kelapa parut kasar, kukus 5 menit
8. 30 gram margarin 
9. 1/4 sendok teh pasta pandan
10, 2 tetes merah muda 

Bahan Taburan (kukus 15 Menit):

1. 150 gram kelapa parut kasar 
2. 1/4 sendok teh garam 
3. 1 lembar daun pandan 



Cara Membuat :

1. Cuci bersih singkong. Kukus singkong sampai matang. Panas – panas haluskan dengan cara ditumbuk.
2. Tambahkan gula pasir, garam, esens vanili, kelapa parut dan margarin. Aduk rata. Giling dengan gilingan getuk sampai lembut.
3. Bagi 3 bagian. Satu bagian tambahkan pewarna merah muda. Uleni rata. Satu bagian tambahkan pasta pandan. Uleni rata. Sisanya biarkan putih.
4. Ambil getuk merah muda. Pipihkan di loyang 16x16x4 cm (saya pakai cetakan bunga) yang dialas plastik setebal 1 cm dan padatkan. Pipihkan getuk yang putih di atasnya dengan tebal yang sama. Terakhir pipihkan getuk hijau di atasnya. Padatkan.
5. Potong – potong getuk dan tabur dengan kelapa.

Selamat Mencoba ^_^


With Love








post signature

No comments: