Hokkaido Chiffon Cup Cake




Bismillah

Nggak tau kenapa dinamakan Hokkaido Chiffon Cake, ntah karena berasal dari hokkaido atau cuma penamaan aja seperti bolu jerman. Eh jadi inget, sampai sekarang belum buat bolu jerman ni, masih mengumpulkan keberanian ceritanya. Jadi beralih ke HCC ini yang udah lama ngetrendnya, selalu deh buatnya pas udah lewat waktu, hihi. Maklum masih pemula, kalau baking cake suka deg deg serr, takut gagal. Belum beranilah bikin cake yang rumit, masih yang dasar-dasar ataupun dengan sedikit modifikasi aja.

Hokkaido Chiffon Cake ini layaknya chiffon cake pada umumnya yang lembut dan mengembang tinggi. Sebenarnya sih ada loyang khusus cake ini, cuma saya ikut-ikut mbak hesti, bikinnya di cup cake juga. Tengahnya diisi vla. Bedanya saya pakai vla coklat.



Resep Hokkaido Chiffon Cup Cake
Sumber: Hesti Kitchen

Bahan Chiffon cake :

1. 3 kuning telur
2. 20 gram gula pasir
3. 35 gram minyak jagung
4. 60 gram susu cair
5. 70 gram tepung terigu protein sedang
6. 3 putih telur
7. 25 gram gula pasir

Bahan Filling :

1. 60 gram dairy whipping cream
2. 10 gramgula pasir
3. 1 sdt vla instant

Taburan :

1. Gula halus/gula donat

Cara membuat :

1. Panaskan oven 170C. Siapkan cup liner di dalam loyang.
2. Kocok kuning telur dan 20 gr gula pasir menggunakan whisk sampai pucat. Tambahkan minyak jagung dan susu cair. Aduk rata.
3. Masukkan tepung, aduk rata. Sisihkan.
4. Kocok putih telur dengan kecepatan tinggi sampai berbusa. Masukkan sisa gula pasir sedikit demi sedikit sambil terus dikocok sampai soft peak.
5. Ambil 1/3 adonan putih telur masukkan ke dalam adonan kuning telur, aduk balik sampai rata. Masukkan adonan kuning telur ke sisa adonan putih telur. Aduk balik sampai rata.
6. Tuang di dalam cup liner sampai setinggi 3/4. Panggang selama sekitar 20-25 menit di rak tengah oven.
7. Vla : Kocok whipped cream sampai mengembang. Tambahkan vla instan. Aduk rata. Masukkan ke dalam piping bag. Beri lubang. Tusuk bagian tengah kue yang sudah matang, lalu semprotkan vla sampai vla meluap keluar. Taburi gula halus dan siap disajikan. Paling enak disajikan dalam keadaan dingin.

Selamat Mencoba ^_^


 Super duper enak cup cake nya, nggak menghilangkan ciri khas chiffon cake yang lembut. Suka deh...Vlanya juga klop sama cakenya. 

With Love



post signature

No comments: