Kroket Bihun



Bismillah

Sebenarnya udah ada berapa hari gitu stok bihun jagung di kulkas. Kebanyakan pas bikin bihun goreng, disimpen deh. Kali aja suatu saat pengen bikin cemilan atau apa gitu yang pakai bihun. Dan bener aja, hari ini pengen buat cemilan enak, teringat lagi sama stok bihun ini. Jadi juga kroket bihun. Mudah dan favorit. Lebih enak dari kroket biasa sih menurutku karena ada bihunnya, unik aja rasanya. Mau pakai cabe rawit atau saos sambal ayok, semuanya enak, insyaAllah.


Seperti biasa memanirnya pakai tepung panir homemade. Dari roti kering yang dihaluskan. Enak juga dan crispy. Trus bentuknya juga rapi kan? Supaya nggak meletus-letus, simpan sebentar kroket yang dipanir dalam kulkas supaya set bentuknya dan masak pakai api sedang aja, nggak usah sering dibolak balik ya. Kalau isiannya sih bisa sesuai selera aja, boleh dipadukan ma ebi, ayam, ikan dan sebagainya buat pelezatnya. Pokoknya dalam memasak ini, pandai-pandai kita aja modifikasi dengan selera keluarga, nggak terlalu terpatok resep, beda dengan bikin cake, kalau cake dimodifikasi asal-asalan bisa jadi bantat. Teman-teman suka yang mana? masak atau bikin cake? Kalau saya sih suka keduanya, dan perlu mood juga. Kadang satu hari nggak pengen bikin cake, pengennya masak aja. Malah pernah juga nggak mood dua-duanya. Makanya saya usahakan bikin olahan itu pas lagi mood, supaya hasilnya juga cantik. Begitu juga pas motret, kalau moodnya dapet plus bisa konsen, fotonya apik. Tapi kalau banyak gangguan, otomatis moodnya jadi menurun drastis, ya udah deh fotonya juga asal-asalan. Namun saya nggak mau memaksakan foto harus bagus, yang jelas saya motret itu buat berbagi resep, foto cantik itu bonus, hihii. Sip deh, langsung aja ya, ini resepnya.


Resep Kroket Bihun
Sumber: Tri Ikawati
Modifikasi: Dapur Comel Selma

Bahan:

1. 65 gram bihun (saya pakai bihun jagung)
2. 5 buah kentang
3. 1 buah wortel
4. 150 gram daging (saya pakai ayam)
5. 200 gram tepung roti (saya pakai tepung homemade)
6. 2 helai seledri
7. 2 butir telur 
8. 4 siung  bawang putih
9. 5 buah bawang merah
10. 1 sdt merica bubuk
11. 1 sdt gula pasir
12. 1 sdt garam
13. Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat:

1. Rebus bihun. Tiriskan, sisihkan.
2. Kukus kentang hingga empuk. 
3. Haluskan garam, merica, gula, bawang putih, dan bawang goreng. Tambahkan kentang untuk dihaluskan.
4. Campur kentang, daging giling, wortel, daun seledri, dan bihun. Tambahkan telur.
5. Ambil campuran tersebut secukupnya, lalu buat menjadi bentuk bulat lonjong. Celupkan ke dalam kocokan telur, lalu gulingkan dalam tepung roti.
6. Goreng hingga kuning kecoklatan dengan api sedang.
7. Sajikan dengan saus sambal/cabe rawit.

Selamat Mencoba ^_^


With Love






post signature

No comments: