Lupis Singkong



Bismillah

Udah lama banged nggak makan lupis. Nggak kesampaian makan lupis di madinah. Abis pengennya lupis yang dibungkus daun pisang, hihi dimana nyari daun pisangnya ya. Mungkin diganti daun kurma aja ya. Hehehe. Tapi entah mengapa, pengen buat lupis hari ini. Dan jadi juga lupis lengkap dengan kuah kincanya. Cuma ini bukan sembarang lupis ya, bukan dari ketan tapi dari singkong...nggak keliatan kan dari singkongnya. Kalau udah dimakan baru tau deh, rasanya singkong banged. Cuma beneran enak, nggak kalah ma lupis biasa. Dan buatnya nggak pakai lama, seperti bikin lupis, bentar aja. Wah recomended deh, bagi yang pengen makan lupis buatan sendiri, tapi nggak mau capek, nggak mau abis gas karena lama merebus (ini sih balada mak-mak irit), bikin lupis singkong aja. Enyak....


Penasaran nggak kenapa bisa segitiga gitu? Bukan pakai daun pisang atau daun kurma, tapi pakai cetakan segitiga. Baru inget ada cetakan silikon yang bentuk segitiga. Walau nggak ada aroma-aroma daun pisangnya, tapi aromanya lebih ke arah singkongnya. Tapi kalau lupis biasa lebih enak pakai daun ya teman-teman, soalnya kan ketan itu plain aja aromanya, beda dengan singkong, Jadi kalau lupis singkong tanpa dibungkus daun masih di maafkan lah ya...hihihi

Motonya tanpa tripod jadi gemeteran >_<
Lupis ini termasuk jajanan daerah mana ya? Saya jadi penasaran. Kayaknya udah jadi jajanan nasional ya. Soalnya ditiap daerah lupis ada. Dan sepertinya mudah didapat ya. Biasanya sih ya, di kampungku, maem lupis ini dengan teman-temannya, kalau nggak bubur kacang ijo, bubur candil atau bubur kampium sekalian. Pengen kapan-kapan bikin bubur kampium sendiri, kalau ada waktu banyak tentunya. Seperti sebelumnya juga, masih pakai teh kotak sosro, apapun makanannya minumnya teh botol sosro, hihihi. Mari-mari lupis singkong ala dapur comel selma yang rasanya nggak kalah ma lupis ketan.



Resep Lupis Singkong

Bahan :

     1. 350 gram singkong parut
     2. 100 gram kelapa muda parut
     3. 1/4 sdt garam
     4. Daun pisang untuk membungkus

Bahan Saus Gula Merah :

1. 100 gram gula merah,disisir
2. 70 ml air
3. 2 lembar daun pandan, ikat

Bahan Pelengkap untuk taburan :

1. 150 gram kelapa agak tua, parut kasar
2. 1 lembar daun pandan, ikat
3. Garam secukupnya

Cara Membuat:

1. Campurkan parutan singkong beserta kelapa muda yang diserut kemudian garam secukupnya, aduk-aduk sampai adonan tercampur merata.
2. Masukkan adonan kedalam daun pisang yang berbentuk kerucut kemudian padatkan dan ikatlah dengan tali. ukurannya secukupnya saja seperti ukuran kue lupis pada umumnya.
3. Kukuslah selama 25 menit sampai matang.
 4. Larutkan gula merah beserta pandan dalam air panas sampai gula benar-benar hancur mencair. aduk-aduk agar gulanya tidak gosong, angkat dan dinginkan.
5. Untuk taburan, campurkan kelapa parut kasar dengan garam. Aduk rata
6. Kukus bersama dengan daun pandan kurang lebih 10-15 menit. Dinginkan bila telah matang

Cara Penyajian :

1. Buka daun pembungkus lupis, gulungkan kue lupis pada kelapa parut. Sajikan di piring saji dan tuangkan saus gula diatas kue lupis. Kue lupis siap disajikan.

Selamat Mencoba ^_^


With Love



post signature

No comments: