Sate Lilit Ayam





Bismillah

Mestinya sebagai orang riau blasteran bali (hohoo bahasanya), saya harus lebih sering lagi mosting makanan khas kampung. Eh nyatanya jaraaang. Malah yang paling sering jajanan jawa, hehee. Untuk menebus keteledoran dan kelalaian saya sebagai wanita peranakan bali, makan siang hari ini menampilkan sate lilit khas bali. Keunikan sate ini, daging ayam atau ikan bukan ditusuk pada tusuk sate tapi dlilitkan di batang sereh, sehingga aroma sereh menguar masuk ke dalam satenya. Belum lagi satenya ini kaya bumbu, enak deh, nggak kerasa lagi wangi ayamnya. 

Sayangnya saya belum mahir ni melilit aka menggumpalkan daging ke serehnya, pada sering berjatuhan. Nggak tau sebenarnya seperti apa proses aslinya, tapi yang jelas setelah dipanggang satenya nempel sendiri ke serehnya. Karena sereh disini mihil (sebatang sereal) jadi kudu dihemat, makainya sikit aja, alhasil satenya cuma tiga batang ini aja (pelit banged ya, hohoo). Di eman-eman makannya, satu siang dan satu malam buat zauji, saya sendiri harus rela cuma dapat satu batang (hwaaa). Rasanya pengen impor sereh dari indonesia, impor sekarung supaya puas makan sate lilitnya, hihihi. 

Ini dipanggang di teflon ya, metode praktisss tis tis. Mau lebih wangi, panggang di arang dong, dijamin lebih nikmat. Dan makannya jangan lupa pakai sambal matah ya. Sambal khas bali. Nggak share resepnya, tapi teman-teman bisa gogling kok. Atau bisa juga pakai sambal favorit, suka-suka aja.  



Resep Sate Lilit Ayam
Sumber: Momilicious

Bahan:

1. 250 gram dada ayam giling
2. 1 tangkai daun bawang, iris halus
3. 1 1/2 sendok makan santan kental instan
4. 1/2 sendok teh garam
5. 1/2 sendok teh gula pasir
6. 2 sendok makan minyak untuk menumis
7. 10 batang serai untuk tusukan

Bumbu [haluskan]:

1. 2 siung bawang putih
2. 3 butir bawang merah
3. 1 cm kunyit, bakar
4. 2 butir kemiri, disangrai
5. 1/4 sendok teh ketumbar, sangrai
6. 1/2 sendok teh terasi, dibakar

Cara Membuat:

1. Tumis bumbu halus sampai harum. Angkat.
2. Campurkan ayam giling, daun bawang, garam, dan gula pasir. Aduk rata
3. Ambil sedikit adonan, Buat pentul di batang serai, kemudian bakar di atas pan yang sudah dipanaskan dan dioles sedikit margarin. Bakar sampai matang dan harum. Sajikan

Selamat Mencoba ^_^










With Love









post signature

No comments: