Bolu Kemojo - Baholu Kemboja




Bismillah

Sekian lama buat jajanan tradisional di blog ini, malah jajanan kampung sendiri nggak pernah dibuat. Ngakunya perempuan melayu, tapi malah sering mosting jajanan jawa ya, hehe. Maklum deh, buat kue melayu ini kadang terkendala ma cetakannya. Seperti bolu kemojo atau baholu kemboja ini, mestinya cetakannya itu bunga berkelopak delapan, ini mah pakai loyang bingka biasa. Tapi udah mupeng berat pengen buat bolu ini, kangen.


Percobaan pertama, jadi mirip bolu panggang >_<
Bolu kemojo ini sepertinya adaptasi dari negara Kamboja ya, namanya aja ada nama kembojanya. Ntahlah, yang jelas bolu ini memang khas melayu. Warnanya hijau dan ada aroma bakarannya. Teksturnya mirip bingka yang padat. Percobaan pertama bikin malah jadi bolu biasa, hihii. Walau rasanya sama, tapi teksturnya jelas beda. Nah yang kedua udah mendekati, cuma yang pakai cetakan bunga masih agak lembek, yang di loyang bulat biasa malah pas teksturnya padat. Kayaknya perlu banyak coba lagi. Saya milih resep ini karena irit telur. Penyebab malas buat kue ini karena telurnya banyak, nggak suka aja ma amisnya telur, walau udah dikasi pandan ya. Tapi ini cocoklah resepnya.



Resep Bolu Kemojo - Baholu Kemboja
Sumber: Bunda Nazwa

Bahan:

1. 2 butir telur
2. 1 1/4 gelas gula
3. 1 1/2 gelas tepung
4. 2 gelas santan kental
5. 1 gelas air pandan
6. Garam halus secukupnya

Cara Membuat:

1. Masak sampai mendidih santan dan air daun pandan, dinginkan
2. Masukkan telur dan gula, aduk sampai gual larut. 
3. Tambahkan tepung dan garam, aduk rata.
4. Terakhir masukkan air santan dan pandan, aduk lagi hingga rata.
5. Poles loyang dengan minyak, masukkan adonan.
6. Kukus selama 20 menit dan panggang lagi selama 2o menit. Angkat, dinginkan dan sajikan.

Selamat Mencoba ^_^


Teksturnya masih lebih lembek dari yang di loyang bulat


Walaupun hasilnya belum secantik yang diharapkan, tapi zauji dan anak-anak suka. Alhamdulillah, memang itulah yang terpenting. Semangat untuk terus mencoba insyaAllah.

With Love






post signature

No comments: