Bolu Sakura Original dan Berbintik



Bismillah

Lagi-lagi resep yang udah lama di bookmark tapi kelupaan. Beli cetakannya udah dua tahun yang lalu, eksekusi resepnya baru sekarang, maapkeun yah. Padahal enak begini nih. Jajanan bolu sakura ini cukup terkenal. Tapi malahan saya belum pernah makan. Sepertinya jajanan ini populer di jawa ya. Di pekanbaru nggak pernah nemu soalnya. 

Bolu sakura ini berwarna kecoklatan, tapi bukan berasal dari coklat atau gula merah. Tapi dari gula yang dikaramelkan. Makanya sering disebut juga bolu sakura karamel. Aslinya sih polos aja, tapi saya buat juga yang modifikasi dengan meses. Tertarik dengan bolu sakuranya bunda Nina yang unyu-unyu, hehee. Tapi resepnya saya pakai resep mbak Hesti, lebih irit telur soalnya, hihihi. Menurutku bolunya agak kurang manis, mungkin next time agak ditambah aja gulanya sedikit. Tapi yang lain udah oke banged, empuk dan karamelnya wangi. Kalau bicara karamel gini jadi inget bolu karamel atau bolu sarang semut. Kapan ya bisa bikin, kadang kalau banyak bookmark resep begini, malah kelupaan yang udah lama pengen dibuat. Duh senang sekali rasanya mengeksplorasi jajanan tradisional khas indonesia. Selain nambah ilmu, juga bisa asyik nyicip aneka kue baru. Walau di madinah, negeri sendiri tetap dirindukan. Terbukti dengan sukanya makan kue dan masakan khas indonesia ^_^.


Resep Bolu Sakura Original dan Berbintik
Inspirasi: Catatan Nina

Bahan :

1. 250 gram gula pasir
2. 250 ml air matang
3. 2 butir telur ayam
4. 50 gram margarin leleh
5. 225 gram terigu protein sedang (misalnya segitiga biru)
6. 1/2 sdt baking powder
7. 1/2 sdt soda kue

 Cara Membuat :

1. Panaskan dandang dengan panas tinggi.
2. Siapkan cetakan bolu sakura, olesi dengan margarin hingga rata. Taburi sedikit terigu. Sisihkan. 
3. Masak 125 gram gula pasir hingga jadi karamel. Tuangi air, jangan diaduk. Masak hingga mendidih. Angkat. Sisihkan. 
4. Kocok telur dengan sisa gula pasir hingga kental dan mengembang. Tuangi gula karamel sambil dikocok dengan kecepatan rendah hingga rata (saat ini adonan akan encer banget tapi gak perlu khawatir)
5. Masukkan campuran terigu, baking powder dan baking soda yang sudah diayak. Aduk rata. Tambahkan margarin cair secara bertahap sambil diaduk perlahan hingga rata.
6. Tuang adonan ke dalam cetakan sampai setinggi 3/4 cetakan. Sebelum dimasukkan ke dalam dandang, hentakkan agar udara yang terperangkap keluar. Kukus selama 15 menit hingga matang. Angkat. Keluarkan dari cetakan.

Selamat Mencoba ^_^



With Love





post signature

No comments: