Kue Biji Nangka



Bismillah

Kembali lagi dengan kue khas sulawesi. Kok sulawesi melulu padahal bukan orang sulawesi? Habisnya suka penasaran dengan resep kuenya mbak hesti. Selain itu diantara foodie blogger lainnya, blognya mbak hesti lengkap jajanan daerahnya. Dan yang paling penting, semua karena kebetulan bahannya ada di rumah aja. Mau bikin jajanan yang lain, masih kurang ini itu. Jadi yang ada aja. Yang penting buat jajanan, ehee.

Kue ini namanya cukup unik. Dinamakan kue biji nangka karena kuenya berwarna kuning seukuran biji nangka. Rasanya jauh nggak kayak biji nangka. Karena kue ini terbuat dari kentang dan ada campuran kacangnya. Lembut dan enak. Ditambah air gula yang dingin. Seger ehh.


Resep Kue Biji Nangka

Bahan Biji Nangka :

1. 250 gram kentang kukus yang dihaluskan menggunakan ulek atau bawah gelas (jangan pake blender)
2. 50 gram kenari cincang halus 
3. 100 gram gula pasir 
4. 1/8 sdt garam

Bahan Baluran : 

1. 3 butir kuning telur, aduk asal rata

Bahan Kuah : 

1. 500 ml air 
2. 400 gram gula pasir 
3. 1 sdt air jeruk nipis 

Cara Membuat:

1. Campur kentang, kenari, gula dan garam. Aduk rata. Masak di atas kompor sampai adonan benar-benar kalis agar pada saat dipulung tidak gampang hancur. Dinginkan.
2. Pulung (sambil dipadatkan) adonan sebesar biji nangka. Selesaikan semua hingga adonan habis.
3. Masak air dan gula sampai mendidih. Kecilkan api, air gula tidak boleh mendidih ketika dimasukkan. Tambahkan air jeruk nipis. Masak terus hingga air gula agak kental. Ambil sebagian air gula, sisihkan untuk siraman kue nanti.
4. Masukkan biji nangka dalam kuning telur. Balur dengan kuning telur hingga rata. Masukkan perlahan ke dalam air gula (menggunakan tusuk gigi agar telur tetap menempel). Siram perlahan adonan kentang dengan air gula panas sampai kuning telur melekat pada biji nangka. Angkat. 
Catatan: jangan terlalu lama di dalam air gula karena adonan kentang akan hancur.
5. Setelah semua adonan kentang selesai, beri air gula yang disisihkan tadi. Simpan dalam lemari pendingin.
6. Biji nangka siap disajikan.

Selamat Mencoba ^_^




With Love





post signature

No comments: