Pastel Kering isi Serundeng



Bismillah

Walaupun masih belum juga bisa memilin dan memilin si kulit pastel, tapi tetap nekat mau buat pastel kering. Soalnya pernah baca di grup masak, kalau nggak bisa milin, bisa juga ditekan pakai garpu. Cukup cantik kan hasilnya? Ehehehe. Udah nyoba dipilin, hasilnya malah nggak karuan bentuknya. Kayaknya perlu nyari waktu khusus buat belajar memilin pastel. 

Beda pastel kering ma basah jelas ya pada tekstur kulit dan isiannya. Pastel kering isiannya serundeng, abon dan sebagainya yang bersifat kering. Beda dengan pastel basah yang berisi tumisan kentang dan sayur atau bihun goreng yang basah. Pastel kering malah masuk kategori kue kering yang seringkali sengaja dibuat mini dan disimpan dalam toples.

Saya mencoba isian serundeng. Diberi gula merah sehingga warnanya coklat. Boleh juga gulmer diskip bagi yang kurang suka serundeng manis. Karena biasanya serundeng ala melayu tanpa gula merah serta lebih asin. Sesuai selera aja. Kalau saya tetap pakai gula merahnya, cuma nggak sebanyak di resep, cuma 50 gram aja. Ini aja udah manis, gimana yang 200 gram ya....hehee


Resep Pastel Kering isi Serundeng


Bahan Kulit:

1. 250 gram tepung terigu
2. 50 gram tepung kanji
3. 1 butir telur
4. 1 sdm margarin
5.  ½ sdt garam
6. 100 ml air
7. 1 sdt baking powder
8. 1 sdt soda kue

Bahan Isi:

1. 150 gram kelapa setengah tua yang sudah diparut
2. 2 batang serai, dipipihkan
3. 2 lembar daun salam
4. 2 cm lengkuas, dipipihkan
5. 200 gram gula merah, iris tipis 
6. 30 gram ebi, sangrai dan haluskan

Bumbu Halus Isi:

1. 3 buah cabai merah
2. 6 butir bawang merah
3. 2 siung bawang putih
4. ¾ sdt ketumbar
5. 1 butir kemiri
6. ¾ sdt garam

Cara Membuat:

1. Panaskan minyak dalam wajan. Masukan bumbu yang dihaluskan bersama serai, daun salam, lengkuas lalu Tumis hingga harum.
2. Masukkan kelapa parut kasar dan gula merahnya. Aduk sampai kecokelatan. Lalu masukan ebi. Tunggu sampai kelapa parutnya kering dan menjadi serundeng berwarna merah kecoklatan.
3. Ambil wadah, campurkan semua bahan untuk membuat Kulit Pastel. Lalu adonan digiling tipis dengan gilingan mie atau gilingan kayu. Potong bulat diameter 5 cm.
4. Ambil adonan kulit selembar. Beri isian serundeng. Lipat dan rapatkan sisinya dengan dipilin-pilin.
5. Panaskan minyak. Masukan pastelnya dan goreng hingga berubah warna kecoklatan. Angkat dan tiriskan.

Selamat Mencoba ^_^



With Love





post signature

No comments: