Pisang Bolen Coklat dan Keju

Sengaja dibedain bentuknya, yang langsing buat isi coklat, yang endut buat isi keju :D
Bismillah

Suka sekali dengan pisang bolen khas bandung. Kalau belanja di supermarket Hawai, biasanya beli bolen ini satu kotak. Entah sekarang masih ada apa nggak. Biasanya beli yang campur, yang coklat dan keju. Yang filling pisang dan coklat bertoping meses dan yang filling pisang dan keju batang mini bertoping keju parut. Enak dan gurih. Saya sangka membuatnya rumit. Eh ternyata nggak. Perdana aja buat bolen ini langsung enak dan gurih banged. Hampir mengalahkan yang dijual-jual, bukan narsis. Sepertinya resepnya memang oke ni, padahal nggak pakai korsvet ataupun kulit pastry, murni all buatan sendiri. Cuma atasnya kurang mengkilat aja, kurang kuning telor kayaknya dan minyaknya. Agak terburu-buru pas finishing mengolesnya. Namun hasilnya alhamdulillah benar-benar memuaskan. Sampai kata adikku, boleh dijual taruh di baqolah, hehe, jadi malu. Buat yuk...


Resep Pisang Bolen Coklat dan Keju
Sumber: Jajane Vivi - Momylicious

Bahan A:

1. 100 gram tepung terigu protein tinggi 
2. 1 sdm minyak goreng 
3. 75 gram margarin [saya ganti dengan butter]

Bahan B:

1. 200 gram tepung terigu protein tinggi 
2. 30 gram gula tepung 
3. 80 ml air 
4. 75 gram margarin [saya ganti dengan butter]

Bahan Olesan [aduk Rata]:

1. 2 kuning telur 
2. 1 sendok makan air 
3. 1 sendok teh madu [saya ganti pakai minyak]

Bahan Isi:

1. 8 buah pisang raja, rebus [saya pakai pisang kepok]
2. Keju parut secukupnya
3. Meises, secukupnya

Cara Membuat:

1. Belah pisang menjadi 2 kemudian beri isi dengan keju batang mini (untuk yang toping keju) dan meses (untuk toping meses), tutup lagi dengan pisang, sisihkan. 
2. Aduk rata bahan A, lalu bentuk bulat, kemudian diamkan selama 10 menit. Sementara itu, aduk bahan B sampai setengah elastis, lalu diamkan 15 menit. Bagi adonan A menjadi 15 bagian, bulatkan. Bagi adonan B 15 bagian, bulatkan.
3. Giling adonan B memanjang. Letakkan adonan A di atas adonan B, kemudian lipat seperti amplop.Giling tipis adonan memanjang, gulung kemudian tipiskan lagi. Ulangi sebanyak 2 kali. Lakukan hingga adonan habis. Diamkan 15 menit.
4. Giling adonan molen melebar. Letakkan pisang di tengah, kemudian bungkus dengan kulit. Rapikan. Oles dengan bahan olesan.
5. Letakkan di loyang yang sudah dioles margarin. Oven 25 menit dengan suhu 180 derajat Celsius. Keluarkan dari oven. Oles lagi dengan bahan olesan dan oven lagi 5 menit.

Selamat Mencoba ^_^



With Love









post signature

No comments: