Puding Cincau



Bismillah

Edisi memanfaatkan bahan sisa. Ceritanya ada acara di rumah, acaranya zauji dan teman-temannya. Dua hari berturut-turut. Hari keduanya bikin minuman es teh dengan cincau. Nah cincaunya ini ada sisa sekaleng, setengah kalengnya zauji bikin es teh cincau lagi dan setengahnya saya bikin puding cincau. Sayang dong cincau yang jarang dibeli nggak dibikin sesuatu yang baru. Maunya sih plain kayak di resepnya. Cuma jellynya nggak ada yang plain, adanya yang rasa semua. Saya pilih deh yang rasa anggur. Eh malah jadi cantik warnanya, semir-semir keunguan gitu. Suka deh. Rasanya juga enak, ada aroma anggurnya. Cincau cocok juga dibikin puding begini. Besok-besok pengen bikin lagi ah. Suka sih, hihihi.


Resep Puding Cincau
Sumber: Yulyan Parwati - Aa My Notes

Bahan:

1. 1200 ml santan encer
2. 200 gram gula pasir 
3. 1/4 sdt garam
4. 1 bungkus agar-agar tanpa rasa (plain)
5. 1 bungkus nutrijell tanpa rasa (saya pakai rasa anggur)
6. 3 lembar daun pandan
7. 350 gram cincau hitam, tiriskan airnya, potong kotak-kotak kecil

Cara Membuat: 

1. Tata potongan cincau di cetakan atau wadah puding hingga menutupi bagian dasar, sisihkan.
2. Rebus santan, gula pasir, garam, agar-agar, nutrijell, dan daun pandan hingga mendidih sambil sesekali diaduk. Matikan api dan biarkan sebentar hingga uapnya hilang.
3. Tuang perlahan adonan puding ke cetakan atau wadah puding yang telah diberi potongan cincau. Biarkan sedikit mengeras. Setelah mulai set, beri potongan cincau lagi sambil sedikit ditekan agar sedikit terbenam adonan puding.
4. Simpan di lemari es dan sajikan dingin

Selamat Mencoba ^_^


With Love






post signature

No comments: