Sorbet Jeruk Nipis


Bismillah

Hihii....sebenarnya lucu juga, kok kefikiran bikin sorbet jeruk nipis. Awalnya iseng aja sih, pas ketemu banyak resep es krim, eh kok ada gitu resep sorbet jeruk nipis. Penasaran ma rasanya dan kebetulan juga banyak jeruk nipis di kulkas. Coba buat. Agak repot pas bolak balik blender supaya halus sorbetnya, tapi karena disambi jadi nggak kerasa. Terus bagian yang lucu, setelah habis sesi pemotretan, sorbetnya dinanti anak-anak dan zauji, eh pas zauji nyoba, katanya "Aseeem" tapi terus aja dimakan sampai habis. Katanya awalnya asem, tapi seterusnya asem-asem manis, seger gitu. Cuma dia nggak niat nambah, maklum bukan pencinta asam. Yang herannya anak-anak malah doyan. Minta "es krim" terus, bolak balik deh buka freezer, alhamdulillah nggak sakit perut ya makan es terus, ehehe. Menurutku cocok ni buat yang pengen diet tapi mau makan es-esan juga. Trus kalau buat diet sih dikurangi aja yah porsi gulanya. Met berjeruk nipis ria :D.




Resep Sorbet Jeruk Nipis
Sumber: INIRecipes

Bahan:

1. 450 ml air
2. 175 gram gula pasir
3. 100 ml air jeruk nipis
4. 1-2 tetes pewarna hijau muda
5. 2 putih telur

Cara Membuat:

1. Campur air dan gula pasir dalam panci, masak air di atas api sedang hingga mendidih. Beri tambahan air jeruk dan pewarna, tutup panci, biarkan di atas api kecil sekitar 5 menit, angkat dan dinginkan.
2. Tuang campuran air, gula dan air jeruk dalam wadah, tutup dengan plastik warp, lalu masukkan ke dalam freezer sekitar 1-3 jam hingga beku (pinggirnya hampir padat, tapi tengahnya masih lembut).
3. Keluarkan dari freezer, kocok dengan mixer/ blender hingga lembut. Masukkan kembali ke dalam freezer, biarkan hingga hampir beku, lalu kocok lagi. Ulangi hingga 2-3 kali kocok dan masuk freezer.
4. Kocok putih telur hingga mengembang. Pada kocokan terakhir, masukkan putih telur kocok ke dalam sorbet jeruk nipis. Kocok dengan kecepatan rendah hingga adonan rata, bekukan kembali dalam freezer sampai saat akan dihidangkan.

Selamat Mencoba ^_^



With Love





post signature

No comments: