Apam Mingkem Medom





Bismillah

Judulnya mau bikin bolu kukus mekar semangka. Eh malah jadi apam mingkem. Ngedom dan montok pula. Tau gitu kan dilukis aja biar jadi apam lukis, :D. Banyak sebab mengapa bolu ini nggak mau mekar. Pertama cetakannya saya pakai cetakas silikon yang gede, sementara kukusan saya imut banged. Plus saya nggak makai sp, sehingga adonan cepat sekali turun. Memang sih ada beberapa resep yang nggak pakai sp, tapi mungkin bagi pemula seperti saya ini, mesti pakai sp supaya adonan tetap putih kental berjejak, sehingga kuenya mekar deh. Tips ini saya dapatkan setelah ikut cooking class (cerita lengkap cooking class ada di postingan selanjutnya). Alhamdulillah, ilmu itu memang berharga. Tips dan tekhnik yang terkadang terlihat simpel saja mempengaruhi besar terhadap hasil. Oleh sebab itu, saya memang terus dan terus belajar. Agar kedepannya menjadi lebih baik lagi tentunya. Meskipun kue ini gagal mekar, malah jadi medom, tapi rasanya enak dan teksturnya lembut dan halus. Mungkin karena penambahan minuman bersoda (saya pakai mirinda rasa lemon) ke dalam adonannya. Ada coklat dari meses di bawahnya. 





Resep Apam Mingkem Medom
Sumber: Labuna
Modifikasi: Dapur Comel Selma

Bahan I:

1. 1 butir telur
2. 125 gram terigu protein sedang
3. 100 gram gula pasir
4. 1/4 sdt garam
5. 100 ml minuman bersoda

Bahan II:

1. Meses secukupnya
2. Pewarna merah
3.  Pewarna hijau

Cara Membuat:

1, Kocok Bahan I hingga kental
2. Ambil 3/4 adonan, beri pewarna merah. Sisanya bagi dua dan beri pewarna hijau dan selebihnya plain.
3. Masukkan adonan merah 3/4 penuh kedalam cetakan. Tabur meses. Tuang 1 sdt adonan putih dan 1 sdt adonan hijau.
4. Masukkan ke kukusan yang airnya sudah mendidih. Kukus 10-15 menit. Angkat dan sajikan.

Selamat Mencoba ^_^


With Love




post signature

No comments: