Bacem Ayam dan Tempe






Bismillah


Dari dulu-dulu suka nawarin zauji buat dimasakin bacem, eh zauji selalu aja nolak. Nggak suka katanya. Maklum selera zauji itu sumatra banged. Dan beliau kurang suka nyoba masakan jenis baru, beda dengan saya. Akhirnya keinginan makan bacem pun terlupakan. Kebetulan juga ada event di YKMK tentang masakan nusantara, udah langsung di list kalau bakal buat bacem. Eh nunggu tempe dan tahu, zauji jarang beli. Pas beli malah lupa disisain buat bacem. Akhirnya kemarin malam, lihat sisa tempe, langsung disimpan buat bikin bacem. Masak bacemnya malam-malam, jam 12 malam, hihi. Ternyata nggak susah bikinnya. Dan sengaja dibuat malam, karena katanya kalau didiamkan semalaman setelah di "bacemin" maka lebih enak, mungkin bumbunya lebih meresap.

Besok paginya, zauji nemu bacem di kulkas, minta coba digoreng. Dan ternyata zauji lahap makannya. Katanya enak banged bacemnya. Sambal terasinya juga maknyus pedasnya. Habis itu makan siang dan malam, zauji makannya lahap banged. Hihihi katanya nggak suka... Saya rasa juga enak sekali. Padahal biasanya kalau beli saya kurang suka rasanya, tapi ini entah kok lebih enak ya, hehee. Resepnya saya padukan dari resep teh ayu dan mbak endang. Trus saya tambahkan ketumbar supaya menghilangkan bau amis ayam dan langunya tempe. Sambelnya pakai sambal terasi ala jawa, bukan ala sunda. Jadi klop dipadukan ma bacem jawanya. Walaupun kurang lengkap tanpa tahu bacemnya, tapi ini saja udah sedap. Zauji sampai bilang, kapan-kapan bikin lagi ya. :D

Sebenarnya bacem itu apa sih? Mungkin kalau yang bukan orang jawa kurang familiar dengan masakan ini. Karena memang seringnya cuma ada di resto jawa saja. Padahal bacem ini sudah cukup menusantara lho. Bacem atau baceman merupakan sajian panganan dari daerah Jawa Tengah, juga Yogyakarta bagian timur (Mataraman). Orang Yogyakarta menyukai bacem yang bercitarasa manis, yaitu dengan bumbu khas gula merah. Sebetulnya bacem merupakan cara pengolahan makanan untuk mengawetkan produk, biasanya adalah tempe dan tahu. Dibacem artinya direndam dalam air gula atau garam supaya bahan makanan menjadi awet. Untuk mendapatkan cita rasa yang lebih gurih dan nikmat, kita dapat menggunakan air kelapa untuk merebus tempe dan bumbu-bumbu lainnya. Penggunaan air kelapa juga akan melembutkan tekstur tempe, sehingga pada saat disantap tempe tidak akan terasa keras. Tapi kalau nggakj ada air kelapa bisa diganti santan atau air biasa. Tetap enak :) (sumber: wikipedia)






Resep Bacem Ayam dan Tempe

Bahan:

1. 500 gram ayam, potong-potong
2. 3 lembar daun salam
3. 1/2 sdt kaldu bubuk
4. 50 gram gula merah, sisir halus
5. 1/2 sdt gula pasir
6. 1 sdt garam
7. 1/2 sdt merica bubuk
8.  1 sdm ketumbar, haluskan
9. 3/4 sdt jinten
10. 700 L air kelapa / santan/ air 
11. 3 biji asam jawa, larutkan dengan sedikit air


Bumbu Halus:

1. 5 siung bawang merah
2. 3 siung bawang putih 
3. 2 ruas jari jahe
4. 2 butir kemiri

Cara Membuat:

1. Campurkan ayam dengan bumbu yang sudah dihaluskan. Masukan ke dalam wajan atau panci, tambahkan air, kemudian rebus. 
2. Masukan gula, asam, garam, kaldu bubuk. merica dan daun salam. Masak hingga airnya menyusut dan ayam menjadi empuk.  Matikan api. 
3. Angkat, dingingkan. Simpan dalam lemari es hingga saat akan digoreng. 
4. Gunakan api sedang cenderung kecil saat menggoreng, karena memakai gula jadi lebih cepat gosong.



Resep Sambal Terasi Jawa
Sumber: Endang JTT

Bahan:

1. 6 butir cabai merah keriting, haluskan
2. 4 butir cabai rawit merah, haluskan
3. 1 1/2 sdt terasi, dibakar hingga permukaannya sedikit gosong
4. 1/4 sdt garam
5. 1/2 sdm gula merah sisir
6. 1 sdm air asam jawa
7. 50 - 100 ml air
8. 1 sdm minyak untuk menumis

Cara Membuat:

1. Haluskan cabai merah, cabai rawit dan terasi, sisihkan. 
2. Siapkan wajan, panaskan 1 sendok makan minyak, masukkan cabai halus, tumis sebentar. Tambahkan air, masak hingga mendidih. 
3. Tambahkan air asam, garam dan gula, aduk rata. Masak hingga sambal mengering. Angkat. 

Selamat Mencoba ^_^


With Love






post signature

2 comments:

Bibi Titi Teliti said...

ADuh, kok ngiler siiiih, sama bacemnya :)
Suamiku suka banget sama bacem, baik tempe atau tahu...
Tapi aku masih kurang fasih gitu masaknya hehe...

selma alan said...

Ayuk dicoba mbak...nggak begitu susah..ini aja perdana saya buat..zauji sk banged...senang deh dikunjungi mbak...fans blognya..sesama drakor lover hihii