Capcay Goreng




Bismillah

Saya paling suka sayur kalau diolah jadi capcay, unik aja rasanya. Apalagi kalau capcaynya lengkap, ada bakso, jamur, kembang tahu, ih sedapnya masyaAllah. Kalau yang ini cuma pakai tambahan ayam aja. Soalnya nggak ada yang lain. Yang bikin khasnya capcay itu kuahnya yang kental dari larutan tepung maizena. Kalau nggak begitu, ntar namaya jadi tumis sayur biasa :D.



Cap cay (Hanzi: 雜菜; Pinyin: zácài; Pe̍h-ōe-jī: cha̍p-chhài; "aneka sayuran") adalah dialek Hokkian yang berarti harfiah "aneka ragam sayur". Cap cay adalah nama salah satu Chinese Food yang populer yang khas karena dimasak dari banyak macam sayuran. Jumlah sayuran tidak tentu, namun banyak yang salah kaprah mengira bahwa cap cai harus mengandung 10 macam sayuran karena secara harfiah adalah berarti "sepuluh sayur". Cap di dalam dialek Hokkian juga berarti "sepuluh", dan cai berarti sayur (Wikipedia). Dalam perkembangannya cap cay sekarang banyak dikombinasikan dengan berbagai macam bahan pelengkap, misalnya dengan menambahkan sosis, kekian, ayam atau bahkan bahan seafood. Jenis capcay juga sangat beragam ditemukan di Indonesia. Ada cap cay dengan memakai kuah, baik itu kuah bening atau kuah kental. Ada juga cap cay yang kuahnya sedikit sekali sehingga disebut cap cay kering atau cap cay goreng. Enak yang mana? Tentunya kembali ke selera masing-masing. (Sumber: Catatan Nina)



Aslinya berbagai sayuran seperti kembang kol, kubis, kubis Cina, Napa kubis, wortel, jagung muda, jamur, dan daun bawang yang dicincang dan aduk goreng dalam wajan dengan sedikit minyak dan air, ditambah dengan bawang putih cincang dan bawang dengan garam, gula , kecap, ang ciu anggur memasak Cina dan saus tiram untuk rasa. Saus cair kental menggunakan maizena (pati jagung). Cap cai atau cap cay bisa dibuat sebagai hidangan vegetarian, atau dicampur dengan daging seperti daging ayam, hati ampela atau, daging sapi, ikan, udang atau cumi-cumi, dan irisan daging sapi atau ikan bakso (bakso). Jenis dan jumlah sayuran berbeda menurut variasi resep dan ketersediaan sayuran di setiap rumah tangga, tapi sayuran yang paling umum di Cap cai sederhana kembang kol, kubis dan wortel.



Tunggu apalagi, buat cap cay sendiri yuk... Mudah kok ;)




Resep Cap Cay Goreng
Sumber: Catatan Nina

Bahan :

1. 3 buah wortel, iris serong
2. 1 ikat caisim, potong-potong
3. 1 kuntum kembang kol, potong per kuntum
4. 100 gram fillet dada ayam, potong dadu kecil
5. 5 siung bawang putih, memarkan dan cincang halus
6. 1 buah bawang bombay, iris memanjang
7. 1 helai daun bawang, potong
8. 300 ml air kaldu
9. 1/2 sdm tepung maizena / terigu, larutkan dengan sedikit air
10. 2 sdm kecap manis
11. Garam, gula dan merica bubuk secukupnya
12. 2 sdm minyak untuk menumis

Cara Membuat :

1. Panaskan minyak, tumis bawang putih dan bawang bombay hingga harum dan layu.
2. Masukkan fillet ayam. Aduk hingga berubah warna.
3. Masukkan wortel dan kembang kol. Masak sebentar sambil diaduk hingga agak lunak.
4. Masukkan kecap manis. Aduk rata dan tuang air kaldu.
5. Bumbui dengan garam, merica bubuk dan gula pasir. Masak hingga mendidih dan test rasa hingga sesuai selera.
6. Masukkan larutan maizena, aduk rata.
7. Menjelang matang, masukkan caisim. Masak sebentar hingga layu kemudian masukkan daun bawang.
8. Angkat dan siap disajikan. 

Selamat Mencoba ^_^


With Love





post signature

No comments: