Es Hunkwe - Es Gabus



Bismillah

Buat postingan di sela-sela waktu sibuk itu sesuatu banged ya. Postingan bertumpuk belum di update. Walaupun hanya blog begini-begini aja, tapi kalau nggak komitmen buat rutin update, ya berasa bersalah juga. :D

Es hunkwa atau es gabus. Ada yang tau es ini. Mungkin bagi yang berdomisili di jawa kenal banged ya ma es yang satu ini. Soalnya temenku yang di kalimantan juga nggak tau nih sama es ini, hehehe. Es ini dinamakan es gabus katanya sih karena dimakan seperti makan gabus (padahal nggak pernah juga makan gabus ;p), bunyinya "kresn nyes" gitu deh. Yang ada sebenarnya ini kue hunkwe yang dibekukan dijadiin es. Rasanya seperti es potong, enak dan manis.


Resep Es Hunkwe - Es Gabus
Sumber: Rika Oktianti

Bahan:

1. 1 bungkus (120 gram) tepung hunkwe 
2. 1200 ml santan, dimasak dahulu
3. 150 gram gula pasir
4. Pasta sesuai selera

Cara Membuat:

1. Aduk rata tepung hunkwe, santan, dan gula pasir di dalam gelas ukur.
2. Tuang 300 ml adonan ke dalam panci, beri pasta sesuai selera, masak diatas api kecil sambil terus diaduk-aduk hingga mengental dan meletup letup. Angkat dari api, tuang di loyang sambil diratakan.
3. Aduk rata adonan yang ada di gelas ukur, Tuang 300 ml adonan ke dalam panci, beri pasta sesuai selera, masak diatas api kecil sambil terus diaduk-aduk hingga mengental dan meletup letup Angkat dari api, tuang di atas adonan pertama sambil diratakan.
4. Masak bagian lain, tuang diatas adonan kedua, begitu seterusnya sampai habis, dinginkan.
5. Keluarkan dari loyang, potong sesuai selera, bungkus dengan plastik, simpan di frezer sampai beku. 

Catatan:

1. Sebelum menuangkan adonan tepung hunkwe ke dalam panci, adonan yang ada di gelas ukur harus diaduk. Hal ini untuk mencegah tepung hunkwenya mengendap di dasar gelas, dan kita hanya menuang airnya saja.
2. Jangan lupa loyang harus dibasahi dulu dengan air. Menggunakan wadah dari tupperware juga boleh. 

Selamat Mencoba ^_^

With Love






post signature

No comments: