Ikan Woku





Bismillah

Hari ini membuat ikan woku. Woku adalah jenis bumbu (campuran rempah-rempah) ditemukan dalam masakan Manado Sulawesi Utara, Indonesia. Bumbu ini memiliki aroma yang kaya dan rasa pedas. Woku terdiri dari rempah-rempah tanah sisipkan; jahe merah, kunyit, kemiri dan cabai merah, bawang merah cincang dicampur dengan, daun bawang, tomat, lemon atau jeruk daun dan daun kunyit, daun kemangi lemon dan memar sereh. Khasnya masakan ini dari aromanya yang wangi berasal dari rempah dan dedaunan terutama kemangi, rasanya yang pedas dan kesegaran yang di dapat dari tomatnya.

Hampir semua jenis daging, unggas dan makanan laut dapat dijadikan sebagai hidangan woku, namun yang paling umum dan populer adalah ayam woku ayam woku dan kakap woku. Woku belanga adalah variasi woku yang dimasak dalam belanga (pot tanah liat) atau jenis panci, sedangkan woku daun adalah hidangan woku dimasak dan dibungkus pisang atau woku (kelapa muda) daun.

Kalau saya ikut resep dari blog mbak hesti yang berasal dari sulawesi. Pakai ikan kembung juga. Sebenarnya menurutku lebih enak jenis lain, karena ikan kembung ini ada paitnya dikit kalau dimasak rebus-rebusan. Beda kalau pakai ikan gurami, nila, lebih-lebih ikan tenggiri.




Resep Ikan Woku
Sumber: Hesti's Kitchen

Bahan :

1. 500 gram ikan kembung
2. 2 batang serai ,dikeprek
3. 3 lembar daun jeruk, sobek-sobek
4. 3 batang daun bawang diris serong
5. 1 genggam daun kemangi
6. 2 buah tomat, dipotong-potong
7. 150 ml air
8. 3 sdm minyak goreng

Bumbu Halus :

1. 3 buah cabe merah
2. 8 buah cabe rawit merah
3. 6 buah bawang merah
4. 2 siung bawang putih
5. 2 cm jahe
6. Garam secukupnya
7. Gula pasir secukupnya

Cara Membuat : 

1 Tumis semua bumbu halus, sereh, daun jeruk, hingga wangi, masukkan ikan. Aduk rata. Tambahkan air. Masak sampai mendidih.
2. Masukkan daun bawang, tomat dan kemangi. Masak lagi sampai matang. Matikan api.
Angkat, siap dihidangkan.

Selamat Mencoba ^_^

Mudah kan membuatnya? Nggak pakai ribet. Cepat juga. Kuncinya ikannya dimasak pakai api kecil supaya meresap bumbunya. Jadi lebih enak deh. Coba yuk.


With Love






post signature

No comments: