Jamie Oliver's Pumpkin Tart - Pie Labu Kuning


Ada retak karena kesenggol hehee
Bismillah

Mupeng lihat pie labunya mbak hesti. Cantik orens gitu, dan penasaran rasanya. Dan benar aja, memang enak banged. Walaupun tampilannya jelek, rasanya uhh nggak pengen berhenti makan. Diet jadi gagal terus. Namanya baking terus :P.



Pie ini katanya dikreasikan oleh chef jamie oliver terinspirasi dari menu labu di sebuah restaurant. Dan memang fillingnya ini lembut. Aroma labunya suka banged. Mungkin saya memang suka ya sama labu. Kalau mau buat kreasi lebih baik yang labunya kerasa. Kalau jadi roti kan paling yang kerasa dikit banged, cuma warnanya aja yang cantik. Bingung masih ada sedikit stok, insyaAllah mau dibuat kreasi baru lagi :).




Resep Jamie Oliver's Pumpkin Tart - Pie Labu Kuning
Sumber: Jamie Oliver's Pumpkin Tart from 'Feel Good Food Magazine' Autumn Edition

Bahan kulit pie :

1. 250 gram tepung terigu protein sedang
2. 125 gram mentega, dinginkan lalu potong kotak kecil
3. 50 gram gula halus
4. 1 butir telur
5. 1/4 sdt garam
6. 1-2 sdm susu dingin 

Bahan Filling :

1. 500 gram labu kuning, kupas buang biji dan potong kotak kecil
2. 500 ml full fat milk
3. 200 gram gula pasir
4. 1 vanila pod, belah lalu keruk isinya (saya nggak pakai)
5. 2 butir telur

Cara Membuat :

1. Kulit: campur terigu, gula halus, garam lalu aduk rata. Tuang ke dalam food processor. Masukkan mentega dingin. Nyalakan food processor beberapa detik sampai membentuk remah.
2. Tuang telur dan satu sdm susu dingin. Proses lagi sebentar saja sampai adonan menggumpal. Keluarkan. Bungkus cling wrap dan dinginkan 30 menit dalam kulkas.
3. Keluarkan, giling tipis pipih lalu cetak ke dalam loyang pie diameter 25 cm (aku pake loyang kecil).
4. Tusuk-tusuk garpu, tutup dengan cling wrap lalu simpan di kulkas selama 30 menit. Panaskan oven 180 C atau 350 F.
5. Sementara itu, masukkan susu cair, labu, gula dan vanila bersama podnya ke dalam panci. Masak dengan api sedang sambil diaduk terus agar susu tidak pecah. Pada saat susu akan mendidih segera turunkan api menjadi kecil dan masak selama 15 menit sambil sekali-kali diaduk. Pasang tutup pancinya sedikit terbuka lalu lanjutkan memasak lagi selama 15 menit atau sampai labu benar-benar matang dan lunak. Buang kulit vanillanya.
6. Setelah hilang uap panasnya, blender adonan filling sampai lembut. Tutup dengan cling wrap agar permukaannya tidak mengeras.
7. Sementara menunggu adonan filling menjadi dingin, siapkan adonan kulit.
8.Letakkan kertas roti/minyak di permukaan pie lalu isi biji-bijian sebagai pemberat (blind bake). Panggang selama 10 menit sampai setengah matang. Lepas pemberatnya lalu panggang lagi selama 5 menit. Angkat dan biarkan dingin.
9. Turunkan panas oven jadi 160 C atau 325 F.
10. Kocok lepas 2 butir telur lalu tuang ke atas adonan filling yang sudah dingin tadi. Aduk rata menggunakan whisk.
11. Tuang ke atas kulit pie lalu panggang selama kurang lebih 30 menit atau sampai adonan filling sudah mengeras di bagian pinggirnya dan masih agak lembek di tengahnya.
12. Sajikan dengan whipped cream.

Selamat Mencoba ^_^


With Love













post signature

No comments: