Kering Tempe dan Kentang Pedas




Bismillah


Kalau ada acara walimah, kenduri dan sebangsanya, saya paling tertarik dengan lauk kering tempe dan kentang ini. Enak dan gurih. Penasaran gimana membuatnya. Kok bisa semuanya gurih dan awet gurihnya. Kebetulan acara kemarin jadi momen buat sekalian nyoba resep ini. Resep yang udah lama terkenal. "Kentang Kering Mustafa". Dan beneran memang kriuk. Baik kentang dan tempenya. Enak banged. Makannya nggak bisa berhenti. :D. Kentangnya sih saya serut, tapi kalau mau cantik bentuknya, sebaiknya diiris korek api aja, ini karena mau cepet aja, hehee.







Resep Kering Tempe dan Kentang Pedas
Sumber: Diah Didi
Modifikasi: Dapur Comel Selma

Bahan :

1. 500 gram kentang, serut atau potong korek api kecil, rendam di air kapur sirih secukupnya ( dari 1 sendok teh air kapur sirih di campur air secukupnya sampai kentang terendam, diamkan sekitar 15 menit. Cuci sekali, tiriskan lalu goreng hingga kering dan renyah. *Gunakan minyak banyak dan jangan terlalu banyak memasukkan kentang irisnya agar cepat kering.
2. 500 gram tempe, iris korek api dan goreng

Bumbu :

1. 20 buah cabai merah  ( sesuai selera ), haluskan sampai benar2 halus
2. 8 siung bawang putih, haluskan
3. 100 gram gula pasir
4. 2 sendok teh kaldu ayam bubuk ( optional )
5. Garam secukupnya
6. Daun jeruk  4 lembar
7. 2 sdt air asam encer jawa

Cara Membuat :

1. Tumis bumbu halus hingga matang dan harum, masukkan air asam Jawa, kaldu ayam dan garam, aduk cepat hingga rata, lalu masukkan juga kentang dan gula pasir, aduk kembali cepat ya hingga benar2 rata. Jika takut gosong matikan atau kecilkan api.

Tips : Gula pasir di blender kering dulu, jadi bubuk halus agar lebih cepat tercampur rata.

Selamat Mencoba ^_^


With Love




post signature

No comments: