Kue Ku Labu Kuning



Bismillah

Udah lama pengen beli labu kuning, tapi diskip terus. Lagi penghematan. Tadi pagi iseng aja bilang zauji minta beliin labu kuning, eh dibeliin. Senang banged. :*


Trus ingat juga ada challenge di IDFB tentang labu kuning. Bingung mau milih bikin apa, karena kan olahan dari labu kuning itu banyak sekali. Akhirnya saya pilih jajanan pasar yang divariasikan dengan labu. Karena saya memang suka dengan kue basah tradisional. Makanya blog ini banyak resep kue-kue jajanan pasar khas indonesia. Maklum, tinggal di luar negeri itu yang bikin kangen ya makanan yang khas indonesia.



Kedua, saya maunya yang full labu kuning. Bukan kulitnya aja atau fillingnya aja yang dari labu kuning. Maunya baik kulit, isi dan bentuk juga labu kuning. Dan jatuhlah pilihanku pada kue ku labu kuning ini. Serasa makan labu kuning mini. Truly dan full labu.



Nah, pas searching resep kue ku labu, ada resepnya tapi semua isiannya kalau nggak kacang ijo, ya isian coklat. Trus nggak ada juga cara membentuk labunya. Nggak hilang ide, memberanikan bikin resep isi sendiri plus membentuk buah labunya sesuai dengan kreasi sendiri. Warna kuningnya asli dari warna labu kuningnya. Warna hijau saya buat dari sedikit adonan kulit ditambah pewarna hijau. Lekuknya saya pakai punggung pisau dan taraaa, jadi juga labu kuning mini ala selma. Isiannya manis, enak banged. Kalau labunya udah manis, nggak perlu ditambah gula halus. Dan jika tekstur labu kuning kukusnya lembek dan basah, maka susu cairnya boleh diskip ya.





Resep Kue Ku Labu Kuning
Sumber: Diah Didi
Modifikasi: Dapur Comel Selma

Bahan Kulit:

1. 150 gram tepung ketan
2. 100 gram labu kuning, kukus dan haluskan
3. 25 gram gula pasir
4. 1 sdm tepung tapioka
5. 100 ml santan kental
6. 1/4 sdt garam
7. 2 lembar daun pandan


Bahan isi : 

150  gram labu kuning, kukus dan haluskan
30 gram gula halus (sesuaikan dengan manisnya labu)
2 sdm susu cair (skip bila tekstur labu kukus lembek dan basah)

Cara membuat :

1. Campur semua bahan isi, aduk rata. Bentuk bulat dan sisihkan.
2. Aduk rata tepung ketan, tapioka, gula dan labu kuning kukus.
3. Rebus santan dan garam serta daun pandan hingga mendidih.
4. Tuang santan panas-panas ke campuran tepung sedikit demi sedikit hingga adonan kalis, namun jangan terlalu kering. Jika sudah kalis santan masih..tidak perlu di habiskan.
5. Ambil sedikit adonan dan beri pewarna hijau untuk batang labu, sisihkan.
6. Bentuk bulat adonan, pipihkan, isi dengan bahan isi, lalu bentuk bulat seperti labu. Tempel batang labu, Gurat dan bentuk lekukan labu dengan punggung pisau atau tusuk gigi. Lanjutkan untuk semua adonan hingga habis.
7. Alasi saringan kukusan dengan daun atau plastik tebal, olesi sedikit minyak, lalu kukus kue ku selama 15 menit, sambil sering di buka tutupnya supaya kue ku nya tidak mengembang terlalu besar. Jangan lupa tutup kukusan dialasi serbet agar air tidak menetes ke kue.
8. Angkat dan oles minyak permukaannya agar kue ku awet lembutnya. Sajikan.

Selamat Mencoba ^_^


Iseng bikin bentuk nenas dan terong trus diisi coklat

With Love










post signature

4 comments:

Inev said...

Terimakasih sudah berpartisipasi mbak. kreatif dan cantik kuenya.

selma alan said...

Makasi juga mbak Inev, senang bisa ikut meramaikan. :)

Han Fauziyah said...

Ya ampuuun lucu bangeeeettttt kuenya. Imut-imut gitu. Keren deh bisa setelaten itu. Aku kalau bkin kue bentuknya segede anak gajah hahahaha ga bisa bikin imut-imut >.<
Sukaaaa cara pengambilan gambarnya juga niiih <3

selma alan said...

Heheehe iya mbak, biar bisa sekali hap ya, :D
makasi mbak cantik, suka baca komentarnya. Yuk coba bikin. Enak ni mbak.