Kue Mendut Pelangi



Bismillah

Ini dia termasuk jajaran kue basah terfavoritku. Memang rata-rata, saya paling menyukai yang dari tepung ketan. Kenyal-kenyal dan unik. Rasanya pun enak banged. Kalau mendut ini jajanan yang jarang-jarang ada. Adanya paling pas bulan puasa aja. Dijual di stand-stand yang menyediakan makanan berbuka puasa. Senang sekali memang kalau datang bulan Ramadhan. Kueh mueh yang jarang ditemukan, bisa dinikmati. Memang benar juga kata mei-mei, bulan puasa banyak kue, hihihi. Kalau disini (Madinah), sama aja yang dijual-jual. Bahkan resto bukanya abis isya dan bulan ramadhan itu ba'da isya bisa jam 9 lebih karena musim panas. Nggak seseru di indonesia memang kalau dari segi kueh muehnya, ehee.


Balik ke kue mendut ini. Biasanya yang dijual itu satu biji warna ijo dibungkus plastik. Segitu aja udah seribu rupiah, dududu. Padahal kalau buat sendiri bisa puluhan biji. Walaupun rempong sedikit, bisalah mengobati kangen ma kue ini. Suka banged soalnya. Kuenya mirip klepon tapi isinya kelapa parut. Trus pakai saus santan yang gurih. Nyoom....

Kali ini buat yang versi dibungkus plastik aja. Tapi biar cantik di warna-warni kan, makanya namanya pelangi. Originalnya kan dibungkus tum dari daun pisang. Lebih wangi tentunya ya.


Resep Kue Mendut Pelangi
Sumber Diah Didi

Bahan Kulit:

1. 200 gram tepung ketan putih
2. 50 gram tepung tapioka
3. 1 sdm gula
4. 1/2 sdt garam
5. 200 ml santan cair hangat
6. 2 tetes pewarna merah muda
7. 2 tetes pewarna hijau
8. 2 tetes pewarna ungu
9. 4 lembar daun pandan, potong – potong
10. Plastik tebal kotak secukupnya untuk membungkus

Bahan Isi:

1. 200 gram kelapa parut kasar
2. 150 gram gula merah, sisir
3. 1 sdm gula pasir
4. 2 lembar daun pandan
5. 1/2 sdtgaram
6. 125 ml air

Bahan Kuah:

1. 400 ml santan, dari 1/2 butir kelapa
2. 1 sdm tepung beras
3. 1 sdm tepung tapioka
4. 1/2 sdt garam
5. 1 sdt gula pasir 
6. 2 lembar daun pandan

Cara Membuat:

1. Isi: masak bahan isi sambil daiaduk sampai kering dan meresap. Bentuk bulat kecil. Sisihkan.
Kuah: rebus bahan kuah sambil diaduk sampai mendidih. Sisihkan.
2. Kulit: campur tepung ketan, tepung tapioka, gula garam. Masukkan air hangat sedikit – sedikit sambil diaduk sampai kalis.
3. Bagi adonan menjadi 3 bagian. Masing-masing adonan tambahkan dengan pewarna merah muda, pewarna hijau, dan ungu. Aduk rata.
4. Ambil sedikit adonan kulit, tambahkan isi, bentuk bulat. Lakukan sampai habis.
5. Didihkan air, rebus bola bola ketan hingga mengapung, angkat dan taruh di wadah yang berisi air dingin matang. Diamkan hingga bola2 kembali ke ukuran semula ( tidak mengembang )
6. Ambil satu lembar plastik, beri 3 buah bola ketan beda warna, tuang 1 sendok makan kuah santan.Bungkus dengan rapi . Sajikan

Selamat Mencoba ^_^


With Love






post signature

No comments: