Kue Mini Thailand - Kue Fantasy




Bismillah

Awalnya cuma buat bubur kacang ijo aja. Eh tau-tau kebanyakan merendam kacangnya. Nggak mungkin dimasak jadi burjo semua. Yaudah dibagi dua dan dibuat dua macam olahan. Yang pertama kue ku, kemudian kue mini khas thailand ini. Sering juga dibilang kue fantasy. Mungkin karena warnanya yang menarik dan mengkilat-kilat tampak seperti mainan. Dulu waktu kecil suka sekali melihat kue ini. Geram rasanya. Bentuknya juga macam-macam. Ada cabe, terong, jeruk, pear, apel dan sebagainya. Biasanya memang buah-buahan dan sayuran. Cuma memang jarang ditemui dan harganya cukup mahal. Ternyata membuatnya memang cukup sulit ya. Ini masih rada-rada error juga. Membentuk buah dan mewarnaninya nggak bagus, terlalu pekat menurutku. Heran juga kenapa orang buat bagus-bagus sekali dan warnanya bisa merata nggak pekat. Habis susah sekali mewarnainya pakai tusuk gigi. Kayaknya mesti belajar khusus untuk membuat kue ini. Tapi rasanya sama enaknya, alhamdulillah. Imut dilapis agar-agar. Dan ternyata bisa pakai kuas warnainya, duh-duh...baru nyadar kenapa punya saya bisa pekat, harusnya kan pewarnanya dicampur air dulu. InsyaAllah kapan-kapan mau buat lagi.




Resep Kue Mini Thailand - Kue Fantasy
Sumber: Alexselly
Ka Nom Look Choub
Kursus Snack Thailand – NCC

Bahan :

1. 400 gram kacang hijau kupas.
2. 500 gram gula pasir
3. 500 gram santan kental matang
4. 6 sdm minyak sayur.

Bahan Lapisan:

1. 1 bungkus agar-agar putih bubuk
2. 350 ml air
3. 100 gram gula

Cara Membuat:

1. Rendam kacang hijau semalaman, lalu kukus hingga matang.
2. Blender kacang hijau matang dan santan hingga halus. Taruh kedalam wajan, tuangi minyak sayur, dan gula pasir. Masak diatas api sedang hingga kalis dan tidak lengket ditangan. dinginkan
3. Bentuk adonan kacang hijau menjadi bulatan yg licin. Lalu bentuk buah-buahan mini seperti jambu air, delima, belimbing, papaya, cabe, mangga dan jeruk. Atau buah lainnya sesuai selera.
4. Campur sedikit air dan pewarna. Warnai buah-buah mini menggunakan kuas yg dicelup dalam air pewarna, keringkan.
5. Masak bahan lapisan hingga mendidih. Celupkan buah-buah mini kedalamnya, Bantu dengan tusuk gigi. Lalu keringkan.

Selamat Mencoba ^_^


With Love








post signature

No comments: