Roti Canai Kuah Kari








Bismillah

Sebagai wanita melayu semestinya saya pandai membuat roti canai. Eh malah seumur-umur belum pernah nyoba bikin sendiri. Padahal kalau tiap pulang kampung atau uwo yang berkunjung ke rumah, selalu ada yang namanya makan roti canai. Udah jadi makanan wajib kumpul-kumpul. Ada kali ya 9 tahunan nggak pulang kampung ke bengkalis. Kangen keluarga disana, kangen rumahnya atuk, rindu pantai dan aroma laut disana. Walaupun pantai di bengkalis nggak cantik, nggak kayak pantai-pantai di bali (kampung umi), pasirnya item, lautnya juga butek, tapi ikannya enak banged, udangnya juga segar-segar, pokoknya kangeeen banged.

Nah bikin roti canai ini takut-takut juga, soalnya dulu lihat uwo bikin kayaknya susah, ajib aja rasanya kok bisa tipis dan garing gitu hasilnya. Pas buka fbnya mak udo, nampak nisa (keponakan) yang lagi bikin roti canai, ih jadi pengen nyoba jugaaa. Ternyata nggak susah kok. Awalnya saya nipisinnya pakai rolling pin, eh hasilnya malah tebel, pas pakai tangan aja jadinya tipis. Cuma motif obat nyamuknya nggak kentara pas dah dipanggang. Padahal ada loh motifnya,,hmm. Temennya kari ayam, laziz banged. Karinya mirip banged ma kari yang dibikin uwo, resep sendiri aja, cuma kurang jreng warnanya, karena cabenya nggak ada cabe kering atau cabe bubuk. Alhamdulillah zauji komen roti canainya sempurna, mirip yang dijual-jual, senangnya... :D Besok-besok mau bikin lagi, mudah-mudahan next time keliatan jelas motifnya.

Sebenarnya roti canai ini roti khas melayu yang diadaptasi dari india, bedanya ma roti maryam, rotinya lebih gede dan tipis melebar, kalau roti maryam lebih imut dan lingkaran obat nyamuknya keliatan banged. Rasa hampir mirip. Roti canai biasa dimakan dengan kuah kari ayam atau daging. Kalau roti maryam bisa juga dengan toping manis seperti gula, meses dan susu kental manis. Coba buat yuuk.




Resep Roti Canai Kuah Kari
Sumber: Melly - Jajane Vivi

Bahan:

1. 1 kg tepung terigu
2. 2 butir telur utuh
3. 2 butir kuning telur
4. 4 sdm susu bubuk
5. 1 sdt garam
6. 2 sdm gula pasir 
7. 175 ml minyak goreng
8. 450 ml air hangat
9. Margarin untuk olesan secukup nya

Cara membuat :

1. Siapkan wadah, masukkan air, minyak goreng dan telur. Aduk dengan garpu atau whisker asal rata.
2. Masukkan bahan kering kedalam campuran minyak goreng tadi, uleni sampai bener-benar kalis.
3. Adonan siap digunakan.

Step by step :

1.  Siapkan loyang*melly pakai baskom   yang udah diolesh minyak goreng. Bagi adonan sama rata. 
2. Bulatkan adonan hingga berbentuk bola letakkan di dalam loyang lalu oleskan permukaan nya dengan minyak goreng.Buat hingga habis.
3.Setelah itu tutup adonan dengan plastik wrap dan lap basah, diamkan 1 jam * Melly diamkan semalaman,menurut Melly setelah di diamkan semalamam adonan nya lebih gampang di tipiskan,lebih elastis  dan tidak mudah robek, tapi diamkan sejam juga bisa sih seperti pertama kali Melly buatnya.
4. Setelah 1 jam * Melly semalaman / keesokan hari nya .. Di atas meja yang sudah di kasih minyak , ambil satu adonan lalu  tipiskan dengan cara menekan nekan dengan tangan dari tengah hingga tipis setipis nya , usahakan jangan robek. Untuk mempermudah sapukan tangan kita dengan minyak juga jadi nya licin mempermudah menipiskan nya.
5. Kalo adonan nya sudah tipis, oles rata  permukaan nya dengan 1 sdm margarine.
6.Gulung pelan pelan adonan nya hingga menyerupai tali lalu sisihkan dan buat sampai habis.Gulungan nya mesti di diamkan dulu agar lebih elastis dan makin bisa di tarik jadi lebih panjang .
7. Kalo semua adonan sudah habis di gulung,ambil gulungan yang pertama di buatlalu tarik pelan pelan gulungan nya biar lebih panjang lagi. semakin panjang akan semakin menipis dan akan semakin banyak lapisan nya nanti. 
8. Gulung melingkar adonan nya dari arah yang berlawanan sehingga nanti akan menyerupai hurup S ,kemudian ketika sudah ketemu lingkaran nya di baguan tengah tumpuk adonan nya jadi satu.
9. Kalo mau di simpan dalam freezer seperti saya cara nya masukkan ke dalam wadah yang sudah di olesi dengan minyak, lalu olekan lagi dengan minyak permukaan nya agar tidak kering,tutup wadah dan siap untuk di masukkan di freezer, kalo mau di pakai keluarkan dulu sampe suhu ruangan.
10. Kalo mau langsung di gunakan caranya tekan permukaan nya hingga menjadi pipih kira kira 1/2 cm lalu goreng di atas teflon hingga matang dan kecoklatan. Ini Melly goreng nya ngga pakai minyak lagi jadi ngga berminyak  rotinya.

Selamat Mencoba ^_^






Resep Kari Ayam
Sumber: Dapur Comel Selma

Bahan:

1. 1 kg ayam potong kecil-kecil
2. 1 batang kayu manis
3. 3 bici cengkih
4. 2 biji pala, memarkan
5. 1 buah asam kandis
6. 2 batangs sereh, memarkan, simpul
7. 2 lembar daun jeruk, sobek-sobek
8. 6 lembar daun temuru
9. 1 helai daun kunyit, simpul
10. 2 lembar daun salam
11. 3 buah kapulaga
12. 2 buah bunga lawang
13. 850 ml santan encer
14. 500 ml santan kental
15. 1-3 sdm peres bubuk kari
16. Gula dan garam secukupnya

Bumbu Halus:

1. 6 buah cabe merah
2. 6 siung bawang merah
3. 3 siung bawang putih
4. 3 cm kunyit
5. 2 cm jahe
6. 2 cm lengkuas
7. 1 sdm ketumbar, sangrai
8. 2 sdt jintan
9. 2 sdt adas manis
10. 2 sdt merica, sangrai
11. 2 sdt garam

Cara Membuat:

1. Panaskan minyak, tumis bumbu halus dan bumbu lain hingga harum dan matang.
2. Masukkan ayam, masak hingga berubah warna.
3. Tambahkan santan encer lalu kecilkan api. Masak hingga ayam setengah matang.
4. Masukkan santan kental, masak hingga empuk. Sajikan sebagai kuah roti jala.

Selamat Mencoba ^_^



With Love





No comments: