Soto Lamongan





Bismillah

Nyoto lagi....sering banged nyoto karena zauji suka soto. Maniak soto? Hampir-hampirlah. Soalnya kuahnya itu lho seger karena ada kucuran jeruk nipisnya. Biasanya sih saya suka buat soto medan. Maklum deh, zauji kan dari sumut ya, biar inget kampungnya, ehee. Kalau mau milih, saya lebih suka soto riau, :D. Nah kok sekarang buat soto lamongan? Sebabnya karena nggak ada toge, jadi cari resep soto yang nggak pakai toge, eh ternyata ada soto lamongan. Mau nyoba soto lain semua pada pakai daging, saya maunya yang orisinil gitu, hehehe. 



Selain itu pengen juga yang seger-seger, yang bening tanpa santan. Jadi cocok banged deh pilihan saya ke soto lamongan ini. Soto lamongan khasnya ini nanti disajikan sama kerupuk udang yang dihancurin atau udang dihalusin (saya pakai keduanya tapi udangnya udang rebon aja).





Resep Soto Ayam Lamongan

Bahan:

1. 1 ekor ayam kampung berat sekitar 600 gram
2. 2 liter air
3. 2 ruas lengkuas, pipihkan
4. 5 lembar daun salam

Bumbu Halus:

1. 8 siung bawang putih
2. 5 butir kemiri, sangrai
3. 1 1/2 ruas kunyit
4. 1 1/2 ruas jahe
5. 1 sendok makan minyak untuk menumis

Bumbu Lain:

1. 1 sendok teh merica bubuk
2. 1 sendok teh kaldu bubuk
3. 1 1/2 sendok makan gula pasir
4. 2 sendok teh garam
5. 2 batang serai, pipihkan
6. 5 lembar daun jeruk purut
7. 1 batang daun bawang, rajang kasar

Pelengkap:

1. 2 buah telur rebus, belah dua
2. Mi soun secukupnya, rebus hingga lunak dan tiriskan
3. 2 lembar kol, rajang halus
4. Sambal rawit (15 buah cabai rawit rebus hingga matang, tiriskan. Haluskan dan beri 1 sendok sayur kuah soto)
5. Kerupuk udang, dihancurkan (saya tidak pakai)
6. Daun seledri cincang untuk taburan
7. Bawang merah goreng untuk taburan


Cara Membuat:

1. Potong-potong ayam kampung dengan ukuran sesuai selera, kucuri dengan 1 sendok makan air jeruk nipis dan 1 sendok teh garam. Remas-remas, diamkan selama 10 menit. Cuci bersih.
2. Siapkan panci, masukkan 2 liter air, rebus hingga mendidih. Masukkan ayam, lengkuas dan salam. Rebus hingga ayam empuk. Matikan api kompor.
3. Siapkan wajan, beri dan panaskan 1 sendok makan minyak. Tumis bumbu halus, daun jeruk dan serai hingga harum dan bumbu matang. Jika bumbu tidak matang maka kemiri akan mengeluarkan bau langu pada masakan. Masukkan bumbu tumisan ke dalam rebusan ayam, kemudian rebus hingga kuah mendidih. Tambahkan kaldu bubuk, garam, merica bubuk dan gula pasir. Aduk dan cicipi rasanya. Tambahkan irisan daun bawang dan angkat. Buang daun salam, lengkuas dan serai.
4. Angkat ayam dari kuah soto, suwir-suwir atau jika anda malas melakukannya biarkan saja ayam tetap dalam bentuk potongan.

Penyajian:

Siapkan mangkuk, tata mie soun, kol, siram dengan kuah soto, sajikan dengan telur rebus, kerupuk udang yang dihancurkan, kucuran air jeruk nipis dan bawang merah goreng. Lengkapi dengan sambal rawit. 

Selamat Mencoba ^_^




With Love







post signature

No comments: