Talam Labu Kuning





Bismillah

Jadi ceritanya di rumah ada acara ngumpul teman zauji sesama thullab magister dan dirosat. Saya pun kebagian tugas masak-masak ni, hehehe.
Pengen menyajikan sedikit kueh mueh juga. Walau sedikit-sedikit saja jumlahnya, tapi lumayan bervariasi. Ada talam labu, butter cake kacang, chiffon labu dan chiffon pandan. Masakannya opor ayam, kering kentang dan tempe, capcay dan mie goreng serta pelengkap minuman, kerupuk dan buah. Lumayan melelahkan juga, sebagian besar dikerjakan sendiri, zauji bantu sekedarnya, karena udah capek belanja segala macam. Suprisenya semuanya ludes nggak bersisa, alhamdulillah masakan dan kuenya disukai. Ini yang pertama kalinya masak yang lumayan banyak. Biasanya paling bikin masakan aja dan kue satu atau dua macam. Terakhir ngadain acara pas aqiqahnya ruqayyah, Saya otomatis nggak masak, masih masa pemulihan. Cuma kasi instruksi zauji buat bumbu sate kambingnya dan ada ummahat yang bantu bikin gulai kambingnya. Rasanya sesuatu punya suami yang bisa masak, jadi pada saat kepepet atau lagi dateng "males" ada yang masak, hihiii. Alhamdulillah bini'mati tatimmusshalihat. Walaupun jauh dari orang tua dan sanak keluarga, membuat kami mandiri, saling membantu dan mendukung. Mudah-mudahan study zauji lancar, dan segalanya berkah bagi kami sekeluarga, doakan ya. :)




Bicara soal talam labu kuning ini, ternyata sedikit tricky loh. Satu kloter saya buat gagal, lapisannya nggak cantik, nyampur gitu. Karena api kukusannya kegedean, padahal saya pakai api sedang saja. Adonan bawahnya yang lapisan labu itu menyusut, sehingga menyisakan space di sekeliling cucingnya, jadi kalau dituang lapisan santan diatasnya, otomatis mengisi space yang kosong itu, jadi nyampur deh. Ternyata harus pakai api yang kecil. Noted deh, kloter keduanya, alhamdulillah berhasil. Rasanya nggak usah ditanya, enak banged. Saya suka sekali kue berbahan dasar labu, apalagi kalau kue tradisional, aromanya suka, klop banged berpasangan sama santan yang gurih. Sayang cuma bisa menikmati sedikit. Berharap sesudah acara masih nyisa, eh malah ludes. Hehehe.





Resep Talam Labu Kuning

Bahan Adonan Labu:

1. 180 gram labu kukus halus

2. 200 ml santan kental
3. 50 gram tepung beras
4. 25 gram tepung tapioka
5. 100 gram gula 
6. 2 butir telur
7. 1/2 sdt garam

Bahan Topping Santan : 

1. 180 ml santan kental
2. 40 gram tepung beras
3. 1/2 sdt garam

Cara Membuat :

1. Campur semua bahan labu lalu blender hingga halus. Biarkan beberapa saat sebelum dituang ke dalam cetakan.
2. Panaskan kukusan dengan api tinggi sampai mendidih  lalu turunkan apinya menjadi kecil. Bungkus tutup kukusan dengan serbet bersih agar air tetesan tidak mengenai kue sehingga permukaan kue tetap mulus.
3. Tuang adonan ke dalam cucing yang sudah dioles minyak setinggi 2/3. Kukus selama 8-10 menit.
4. Adonan Topping : campur tepung beras, garam dan santan kental lalu aduk sampai rata.
5. Tuang ke atas adonan labu dan kukus kembali selama sekitar 5 menit atau sampai set.
6. Setelah matang biarkan beberapa saat sampai tidak terlalu panas lalu keluarkan dari cetakan. Kue siap disajikan.

Selamat Mencoba ^_^


With Love





post signature

No comments: