Ayam Goreng Serundeng




Bismillah

Suka ayam goreng bumbu? Atau lebih dikenal ayam goreng lengkuas? Saya lumayan suka. Apalagi anak-anak ya. Pasti suka sekali. Kalau mesen ayam di rumah makan minang, anak-anak biasanya cuma milih ayam bumbu. Nah saya pengen sih sering-sering bikin, sayang di sayang disini harga lengkuas mahal. Seuprit aja 2 real. Eh ternyata masih ada sodaranya ayam lengkuas ini, namanya ayam serundeng. Sama-sama ada bumbu atau "berdedak" tapi dari parutan kelapa. Karena kelapa parut masih lebih murah daripada lengkuas, jadi coba putar haluan ke resep ini. Hasilnya? Enak walaupun kalah wangi sama ayam goreng lengkuas. Tapi ayam goreng serundeng ini tetap pakai lengkuas walaupun hanya perlu sedikit saja. Dan yang jelas bumbunya jadi banyak. Puas deh. Anak-anak suka sekali sama "dedak"nya. Dimakan sama nasi hangat, aih lezatnya.





Resep Ayam Goreng Serundeng
Sumber: Mama Aisyah - Sajian Sedap

Bahan:

1. 1 ekor ayam (kali ini saya pakai 1kg paha ayam)
2. 2 lembar daun salam
3. 2 lembar daun jeruk
4. 1 batang sereh, memarkan
5. 200 ml santan dari 1/4 butir kelapa (saya pakai santan kemasan kara)
6. 200 gram kelapa parut kasar (saya pakai +/-100 gr kelapa parut kering kemasan)
7. Minyak untuk menggoreng

Bumbu Halus:

1. 5 bawang merah (saya pakai 1 1/2 shallot)
2. 3 bawang putih (saya pakai 6 ukuran kecil)
3. 4 kemiri, sangrai
4. 1 sdt ketumbar, sangrai
5. 2 cm kunyit bakar (atau 1/2 sdt kunyit bubuk)
6. 3 cm lengkuas (opsional)
7. 2 sdt garam (saya pakai 1 1/2 sdt karena hanya untuk 1 kg ayam)
8. 1/2 sdt merica bubuk
9. 1 sdt gula pasir

Cara Membuat:

1. Tumis bumbu halus, daun salam, daun jeruk, serai hingga harum dan matang.
2. Masukkan ayam, bolak balik hingga berubah warna
3. Tambahkan santan. Masak sambil sesekali diaduk hingga 1/2 matang (+/- 30 menit)
4. Masukkan parutan kelapa. Aduk. Masak hingga bumbu meresap dan matang
5. Goreng ayam sebentar hingga coklat kekuningan. Angkat.
6. Goreng parutan kelapa hingga kering dan coklat kekuningan. Tiriskan, taburkan di atas ayam

Selamat Mencoba ^_^



With Love






post signature

No comments: