Brownies Kacang Mede dan Buah Kering




Bismillah

Kacang mede ini terkenal mahalnya ya, disini aja sekilo bisa 80 real, huhuhu. Di indonesia juga lumayan harganya, jadi jarang sekali makan kacang ini, padahal suka banged.

Nah kebetulan hari ini, zauji dikasi hadiah kacang mede sekilo, alhamdulillah rezeki makan kacang ini, beberapa saya sisihkan buat kukis dan topping brownies. Enak ya pastinya, browniesnya makin yahud aja rasanya. Resep brownies pakai resep favorit, resep ummu allegra, motif sungainya masih abstrak aja ni, maklum amatir, hihihi. Jadi pengen bikin brownies kukus, udah nggak pernah bikin sejak punya oven. Kangen rasanya. Sayang kukusanku mini sekali, dan suka jebol jadi nggak bisa diisi loyang. Mudah-mudahan bisa beli ganti yang baru. Biar semangat bakingnya, :D.


Resep Brownies Kacang Mede dan Buah Kering
Sumber: Ummu Allegra dengan modifikasi

Bahan : 

1. 3 butir telur 
2. 150 gram gula pasir
3. 100 gram gula palem
4. 115 ml minyak goreng 
5. 1 sdt vanilla bubuk 
6. 100 gram coklat masak, lelehkan 
7. 200 gram tepung terigu protein sedang 
8. 25 gram coklat bubuk 
9. 1/2 sdt baking powder 
10. 1/2 sdt soda kue 
11. 1 sdm sukade

Topping: 

Kacang Mede

Cara Membuat : 

1. Panaskan oven 190'C, siapkan loyang 20x20x4 cm atau 22x22x4 cm. Oles margarin atau minyak dan alas dengan kertas roti hingga sisi-sisinya. Sisihkan. 
2. Campur dan ayak tepung terigu, coklat bubuk, baking powder dan soda kue. Sisihkan. 
3. Kocok telur, gula pasir, gula palem dan vanilla bubuk selama 2-3 menit, hanya sampai gula larut. Saat mengocok, mixer digerakkan bolak balik dan jangan searah ya. 
4. Masukkan campuran tepung sedikit demi sedikit sambil dimixer bolak-balik. Bisa juga diaduk memakai sendok kayu atau spatula ya. 
5. Masukkan minyak goreng, aduk hingga rata. 
6. Masukkan sukade. Aduk rata. 
7. Tuang coklat masak leleh, sisakan sedikit untuk topping ya. Aduk rata. 
8. Tuang adonan ke dalam loyang. Buat motif coklat leleh di atasnya dengan menggunakan sendok dan taburi kacang mede. 
9. Panggang dengan suhu 190'C selama 20 menit dan letakkan loyang di rak atas.  
10. Turunkan suhu menjadi 150'C dan pindahkan loyang ke rak tengah (kalau yang ovennya 2 rak, berarti dipindah ke rak bawah ya). Panggang selama 20-25 menit. Jangan melebihi waktu tersebut ya karena bila overbaked, tekstur browniesnya tidak akan chewy bagian dalamnya. 
11. Angkat dan dinginkan baru kemudian dipotong-potong. 

Notes : 

1. Loyang pertama kali diletakkan di rak atas dan dioven menggunakan suhu tinggi agar bisa mendapatkan lapisan shiny crust khas brownies, yaitu lapisan tipis yang retak-retak itu lhoo. 
2. Setelah dipanggang selama 20-25 menit dengan suhu 150'C, kemungkinan tekstur brownies ketika dipegang belum set sekali. Nanti setelah dingin brownies akan set dan didapatkan tekstur yang chewy. 
3. Apabila suka dengan brownies yang bagian dalamnya kering, waktu pemanggangan bisa ditambah.


Selamat Mencoba ^_^


With Love












post signature

No comments: