Bubur Kacang Hijau





Bismillah


Walaupun terlihat simpel tapi bubur kacang inilah makanan buatan umi yang paling membekas di hati. Waktu kecil dulu kami paling nggak suka sayur, buah pun juga nggak begitu suka. Padahal anak-anak kan penting banged makan sayur dan buah.

Makanya sering sekali umi membuat bubur kacang hijau ini, karena sehat. Biasanya santannya juga nggak kental dan gulanya hanya menggunakan gula merah. Wangi dan hangat. Khusus buat saya, umi selalu membuatkan ketan kukus sebagai teman makan bubur kacang hijaunya. Saya yang nggak begitu suka kacang hijau kalau ada ketannya jadi lahap deh. Zaman kecil-kecil dahulu mana tau yang namanya makanan sehat, yang ada makanan itu harus enak aja, hihihi. Makanya sempat heran kok umi senang sekali membuat bubur kacang hijau ini. Barulah setelah dewasa saya faham banyak sekali manfaat kacang hijau ini. Buat anak-anak bagus untuk menambah suplemen untuk membantu kecerdasan otak karena memiliki kandungan vitamin dan mineral yang tinggi. Kandungan seratnya bagus untuk pencernaan. Selain itu, kacang hijau juga rendah lemak dan memiliki antioksidan. Kacang hijau juga bagus untuk ibu hamil karena mengandung asam folat, kalsium dan vitamin B. Juga baik untuk ibu menyusui sebagai pelancar asi. Alhamdulillah anak-anak suka sekali bubur kacang hijau. Kalau dibuatkan ini bisa habis bermangkuk-mangkuk. Resep ini jadi favoritnya di rumahku dulu dan sekarang. :)


Sekedar tips agar memasak kacang hijau cepat dan hemat gas, masak dahulu kacang hijau tanpa gula hingga mendidih, matikan api dan diamkan selama 30 menit. Masak lagi hingga lembut bersama gula merah, insyaAllah cepat lembutnya. Silahkan dicoba ya.





Resep Bubur Kacang Hijau
Sumber: Dapur Umi

Bahan:

1. 150 gram kacang hijau, rendam semalam
2. 500 L air
3. 75-100 gram gula merah (sesuai selera)
4. 2 lembar daun pandan
5. 1 cm jahe, memarkan
6. 1 batang kayu manis
7. 1/2 sdt garam
8. 100 ml santan

Pelengkap:

1. Ketan kukus secukupnya

Cara Membuat:

1. Rebus kacang hijau, jahe, daun pandan dan garam hingga mendidih. Matikan api. Diamkan selama 30 menit.
2. Rebus kembali kaacang hijau. Tambahkan gula merah dan kayu manis, masak hingga lembut. Terakhir masukkan santan, aduk terus hingga mendidih. Sajikan bersama pelengkap. 

Selamat Mencoba ^_^






With Love


















post signature

No comments: