Chocolate Crinckles Cookies




Bismillah


Sebelumnya pernah sekali bikin kue ini, hasilnya mantap, cuma penampilannya belum pas, kurang menggoda :D. Pas lihat postingan mbak Lys ty di fb yang cantik kok jadi pengen bikin lagi. Kali ini bener-bener fokus bikinnya.

Dan alhamdulillah jadi plus sukses enak. Penampilannya juga udah "menggoda" :D. Walaupun tidak semerekah kukisnya mbak Lys Ty karena saya pakai tepung terigu biasa aja. Chocolate crinckles cookies ini khasnya kres diluar dari gulanya dan lembut di dalam. Kukis penuh nostalgia waktu kecil. Mbak lys ty sampai nanya ini kukis jadul atau baru, saya jawab saja jadul, karena waktu saya keciiil dulu aja udah ada, dijual di warung-warung aja. Kalau sekarang udah naik tingkat ke bakery terkenal, hehehe. Yang jelas kukis ini enak. Bisa di modif dengan rasa pandan atau red velvet. Hmm soo yummy.



Resep Chocolate Crinckles Cookies

Bahan:

1. 50 gram mentega, suhu ruang
2. 200 gram dark cooking chocolate
3. 80 gram gula halus (sesuai selera)
4. 2 butir telur
5. 200 gram self raising flour
6. 1/4 sdt baking powder
7. 2 sdt extract vanilla

Topping:

1. 100 gram gula halus (secukupnya)


Cara Membuat:

1. Lelehkan cokelat dan butter dalam wadah (mangkuk) yang diletakkan didalam panci berisi air mendidih diatas kompor. Angkat, dinginkan, sisihkan.
2. Campur tepung dan baking powder, aduk rata, sisihkan.
3. Kocok telur dan gula halus sampai kental (tidak sampai kental berpita).
4. Tambahkan extract vanilla, lanjutkan kocok sebentar.
5. Masukan coklat yang telah dilelehkan bersama butter, kocok hingga rata.
6. Tambahkan campuran tepung dan baking powder, kocok hingga rata.
7. Tutup adonan dengan plastik wrap, simpan dalam lemari es selama 3 - 4 jam atau hingga semalaman, sampai adonan keras dan bisa dibentuk.
8. Keluarkan adonan dari dalam lemari es, bentuk menjadi bola-bola, dengan diameter 2 cm atau sesuai selera.
9. Baluri bola-bola coklat dengan gula halus hingga merata.
10. Tata dalam loyang dengan jarak 5 cm.
11. Panggang dengan suhu 200 derajat C selama 10 - 12 menit. Hingga bagian luar kering tetapi bagian dalamnya tetap lembut.
12. Keluarkan dari oven, dinginkan dan sajikan :)

Catatan:

1. Self raising flour adalah tepung terigu yang sudah dibubuhi pengembang.
2. Jika oven yang digunakan kecil, bentuk adonan secukupnya dahulu, sisanya masukan kembali dalam lemari es, dan bentuk lagi ketika akan dipanggang, supaya adonan tidak lembek.
Suhu dan lama pemanggangan sesuaikan dengan oven masing-masing. Jangan terlalu lama memanggang, karena akan membuat cookies terlalu kering dan hasilnya tidak kenyal.
3. Panaskan oven terlebih dahulu sebelum digunakan selama 15 menit.

Selamat Mencoba ^_^







With Love












post signature

2 comments:

Lys Ty said...

Hai mba Selma, saya barusan follow blognya nih :) thanks ya udah coba chocolate crinklesnya, iya nih saya baru tahu ada cookies model begitu, makanya ngga tau kalau itu cookies jadul hihihi ....

selma alan said...

Makasi mbak Lys Ty...resepnya mantep...walau cookiesku nggak semerekah cookiesnya mbak lys ty..tapi puas ma hasilnya. Hehe iya mbak...makasi udah mampir ya 😊😊