Mini Pavlova




Bismillah

Menghabiskan stok kiwi ni. Dijadikan topping pavlova, dibikin puding dan toping pie coklat.



Pavlova adalah makanan penutup berbasis meringue dinamai balerina Rusia Anna Pavlova [1] Ini adalah kue meringue yang renyah dan lembut.

Biasanya dihias atasnya dengan buah dan whipped cream. Makanan penutup diyakini telah diciptakan untuk menghormati penari selama atau setelah salah satu wisata ke Australia dan Selandia Baru pada tahun 1920-an. Ini adalah makanan penutup yang paling diidentifikasi dengan waktu musim panas, tapi dimakan sepanjang tahun di banyak rumah Australia dan Selandia Baru.


Pavlova ini masih saudaraan sama meringue. Meringue kan dikelompokkan ke cookies ya. Kalau pavlova ke cake. Padahal semuanya dessert. Gak bisa juga dikelompokkan ke cookies atau cake. Abis bentuknya unik sih. Saya buat dua macam yang plain sama yang coklat. Yang coklat pakai pasta coklat aja. Rasanya unik, dan seperti resep bule yang manis. Topingnya juga segar buat ilangin amisnya. Mungkin harus pakai vanilla pod atau vanilla bean ya supaya ilang sama sekali amis putih telurnya. Pavlova ini adalah solusi buat ngabisin stok putih telur. Apalagi buat bakul kue yang kebanyakan menggunakan kuning telur aja.



Pavlova dibuat dengan mengocok putih telur untuk konsistensi sangat kaku dengan gula kastor, cuka putih atau asam lain (misalnya cream of tartar atau jus lemon), tepung jagung, dan kadang-kadang esens vanila. Pavlova garing dan renyah diluar, dan lembut chewy di dalam, berbeda dengan meringue yang biasanya padat di keseluruhan. Karena pavlova mengempis jika terkena udara dingin, saat memanggang selesai dibiarkan dalam oven untuk sepenuhnya dingin sebelum pintu oven dibuka.



Pavlova secara tradisional dihiasi dengan topping whipped cream dan buah segar seperti buah kiwi, markisa, dan stroberi. Sebaiknya dimakan setelah dihias karena akan lembek jika menyerap whip cream. Pavlova yang belum dihias dapat dibiarkan semalam di oven, atau selama beberapa hari dalam wadah kedap udara, yang akan dihiasi ketika akan disajikan.





Resep Mini Pavlova
Sumber: Dapur Solia

Bahan:

1. 120 gram putih telur
2. 175 gram gula kastor
3. 1/2 sdt vanilla extract
4. 1 sdt cuka ( saya pakai 1 sdm air jeruk nipis)
5. 1/2 sdm  Tepung maizena

Topping:

1. 75 gram  Whipcream bubuk non dairy -- dikocok dengan 100 ml Air es (bisa ditambahi sampai 150 ml supaya tidak terlalu kental)
2. Buahan segar, potong kasar sesuai selera (saya pakai kiwi)

Cara Membuat:

1. Panaskan oven pada suhu 130 °C.
2. Potong kertas roti sesuai ukuran loyang. Gambar lingkaran dengan diameter 18cm (utk ukuran besar) atau diameter 6.5 cm (utk ukuran personal) di kertas roti. Balik dan pasang di loyang.
3. Kocok putih telur dengan kecepatan medium sampai mencapai soft peak.
4. Kucurkan gula pasir blender sedikit demi sedikit sampai habis. Ambil sedikit, rasakan dengan ujung jari apakah sudah tercampur dengan baik ataukah masih membutir. Kocok sampai hard peak dan tercampur rata.
5. Masukkan vanilla extract. Kocok sebentar.
6. Masukkan cuka, aduk dengan spatula.
7. Ayak tepung maizena, aduk dengan spatula.
8. Oles meringue mengikuti bentuk pola. Untuk bulatan kecil2, aku memakai piping bag.
9. Panggang pada suhu 130 °C selama 60 sampai 90 menit sampai warna berubah menjadi krem pucat (patokan bukan waktu tetapi hasil jadi karena panas oven berbeda2). Jika sudah berubah warna, matikan oven dan biarkan di dalam oven (catatan: pavlola yang langsung aku keluarkan menjadi agak lengket. Sebaliknya pavlola yang dibiarkan di dalam oven tetap krenyes sampai waktunya dipakai)
10. Letakkan meringue di piring atau alas kue, poles dengan whipped cream, hias dengan buah potong. Sebaiknya pavlova dikonsumsi tidak lama setelah dihias karena meringue akan menyerap cairan dari whipped cream dan buah dan menjadi lembek.

Selamat Mencoba ^_^



With Love






post signature

No comments: