Sate Ayam Madura




Bismillah

Siapa sih ya yang nggak kenal sate madura. Kalau bicara sate pasti yang terkenal itu sate madura dan sate padang. Kalau disuruh milih, saya lebih suka sate madura daripada sate padang.

Sate padang palingan suka kuahnya dan kerupuk cabenya aja :p. Abis dagingnya suka jeroan sih dan tipis banged...nggak puas deh pokoknya. Mungkin beda kali ya kalau buat sendiri...bikin yang agak gedean dan banyak. Seperti ini...saya bikin sate madura sampai puas banged makannya bareng anak-anak. Sayang zauji sedang safar jadi cuma kebagian fotonya aja deh :D.


Ada langganan sate madura di pekanbaru, sate maduranya maknyus banged. Di kampung zauji juga nemu lagi langganan sate madura dan lebih maknyus. Sate kambingnya aja enakkk kali. Nggak ada prengusnya. Alhamdulillah sama resep ini nggak jauh beda rasanya..sedap juga. Cocok ma resepnya. Kuah kacangnya pun wangi sekali.



Sayang banged fotonya burem karena pakai lighting lampu aja
Resep Sate Madura
Sumber: sajiansedap - Nitta

Bahan:

1. 500 gram dada ayam tanpa tulang, potong kotak-kotak
2. 40 tusuk sate
3. 6 sdm kecap manis
4. 3 sdt minyak goreng

Bahan Sambal Kacang:

1. 250 gram kacang tanah kulit, goreng
2. 3 buah cabe rawit
3. 4 butir kemiri goreng
4. 4 sdm gula merah sisir
5. 1 1/2 sdt garam
6. 600 ml air

Bahan pelengkap:

1. Nasi putih
2. Jeruk limau
3. Kecap manis
4. Bawang goreng, untuk taburan

Bahan Sambal:

1. 12 buah cabe rawit rebus, haluskan

Cara Membuat:

1. Sambal kacang: Haluskan bahan sambal kacang, kecuali air. Masukkan bahan sambal kacang yang sudah halus ke wajan dan tambahkan air. Masak hingga menyusut (sampai matang).
2. Ambil 200 gram sambal kacang. Tambahkan kecap manis dan minyak goreng, aduk rata. Celup tusukan ayam ke dalamnya. Lumuri hingga rata. Bakar sampai setengah matang (nitta: karena gak punya alatnya, aku menggunakan Happycall). Lumuri kembali dan bakar hingga matang.
3. Sajikan sate dengan sambal kacang, pelengkap, dan sambalnya selagi hangat.

Selamat Mencoba ^_^


With Love






post signature

No comments: