Arancini (Bola-bola Nasi Goreng)




Bismillah

Saya suka dengan tema challenge Indonesian Foodblogger bulan ini tentang "Leftover". Yang namanya emak-emak seperti saya ini paling sering menghadapi makanan sisa. Entah sisa makanan anak-anak yang nggak abis, atau sisa lauk-pauk yang menginap bermalam-malam.

Mesti memutar otak, mencari ide bagaimana menghabiskan "makanan sisa" ini supaya nggak berakhir di tong sampah. Sedih rasanya harus membuang makanan sementara di luar sana masih banyak orang yang kelaparan. InsyaAllah selama ini, saya berusaha untuk tidak membuang makanan yang masih layak makan. Pasti sedapat mungkin saya mencari ide bagaimana mengolah makanan yang semula sudah tampak tidak mengundang selera menjadi sesuatu yang enak dan menarik perhatian terutama anak-anak. Dan cemilan yang sering saya buat untuk mengolah makanan sisa ini adalah arancini, atau lebih dikenal dengan bola-bola nasi goreng. 


Sepertinya hampir di setiap rumah selalu ada ya "nasi sisa". Kalau anak-anak nggak habis makan nasi, ataupun nasi yang tersisa di magicom, biasanya akan saya kumpulkan dan simpan dalam wadah tertutup di kulkas. Sisa lauk seperti ayam dan ikan disuwir-suwir dan saya jadikan isian aranchini. Bisa juga kalau rajin, saya olah dahulu jadi abon (resepnya bisa dilihat disini). 



Tepung panirnya juga homemade loh, dari makanan sisa juga. Hampir setiap pagi kami selalu sarapan roti. Mungkin mengikuti budaya orang sini ya yang sarapannya dengan roti. Nah, biasanya anak-anak suka menyisakan roti terutama bagian pinggiran yang tidak terkena selai. Roti itu akan saya kumpulkan dan saya blender halus hingga menjadi tepung panir. Tepung ini saya masukkan ke dalam wadah tertutup dan disimpan di dalam kulkas. Karena iklim saudi cenderung kering, sehingga roti sisa langsung bisa diblender. Jika di indonesia, sebaiknya dikeringkan dahulu dengan memanggangnya sebentar di oven kemudian dihaluskan. Jadilah tepung panir homemade, nggak perlu beli tepung panir lagi karena kita sudah bisa bikin sendiri.



Jadi arancini ini semuanya bisa dibuat dari makanan sisa ya teman-teman. Mulai dari kulit sampai isinya. Membuatnya juga simpel banged, nggak pakai lama. Cocok buat sarapan cepat ataupun bekal sekolah si kecil. Dijamin menarik perhatian anak-anak. Anak-anak pasti deh suka. Dicocol saus dan mayones lebih yummy. Apalagi dikasi topping keju parut. Kebayang enaknya ya. 



Ada makanan sisa? Jangan buru-buru dibuang, ayo cari ide supaya jadi makanan yang menggugah selera. Karena membuang makanan itu pertanda keborosan. Yuk jauhi sifat boros dimulai dari sesuatu yang kecil. InsyaAllah dengan begini kita akan terbiasa hidup hemat. Bukankah hemat itu pangkal kaya? ;)





Resep Aranchini 
Sumber: Dapur Comel Selma

Bahan:

1. 2 piring nasi dingin
2. 3 sdm ikan atau ayam suwir (saya pakai abon ikan)
3. 4-5 sdm tepung panir (saya pakai tepung panir homemade)
4. 2 sdm tepung terigu dilarutkan dengan 25 ml air matang
5. Minyak goreng secukupnya
6. 1 sdt garam
7. Kaldu bubuk (optional)

Cara Membuat:

1. Bubuhkan nasi dengan garam, aduk rata dan koreksi rata. Sisihkan. 
2. Campur suwiran ikan atau ayam dengan kaldu bubuk dan garam. Sisihkan. (Skip step ini jika memakai abon).
3. Alasi tangan dengan plastik, kepal nasi dan pipihkan.
4. Beri isian bentuk menjadi bola-bola.
4. Celupkan ke larutan tepung terigu, dan gulingkan diatas tepung panir. Lakukan hingga nasi habis.
5. Panaskan minyak goreng dengan api sedang. Goreng arancini hingga keemasan. Sajikan dengan saus dan mayones.

Selamat Mencoba ^_^



Looks yummy ya...

Resep ini buat challenge Indonesian Foodblogger
di http://indonesianfoodblogger.com/post/page/5191/cookblog_challenge_jan2016_leftover.html.




With Love









post signature

6 comments:

inev said...

selalu kreatif nih mbak... kereen...

Kanianingsih said...

yummy..:)

Dapur Comel Selma said...

Makasi mbak...^_^

Dapur Comel Selma said...

Makasi mbak..udah mampir ^_^

Dapur Ngebut said...

aih lucu, jadi bola2

Dapur Comel Selma said...

Hihii iya mbak...silahkan dicoba buat :)