Kue Lak-lak Bali





Bismillah

Sebenarnya lumayan banyak juga ya kue-kue khas bali. Hanya saja saya jarang membuatnya. Pas diingetkan umi, barulah sadar, kok nggak pernah bikin, hehehe. 


Dulu sempat juga buat jaja batu bedil. Mirip juga dengan kue lak-lak ini pakai gula merah dan kelapa parut dalam penyajiannya. Kue lak-lak ini sekilas mirip serabi tapi beda lho. Lebih gurih dan tidak bersarang seperti serabi. Nikmat banged kalau disajikan dengan cucuran gula merah. Anak-anak juga suka. Buatnya juga simpel ya. Umi memang jarang membuat yang ribet-ribet, cake dan sebangsanya malah nggak pernah. Yang ada kue basah dan jajanan, karena umi juga suka yang tradisional dibandingkan modern. Dan ketertarikan itu menurun padaku. Sejak tinggal di madinah ini malah semakin tertarik dan sering membuat jajanan daerah. Kue lak-lak ini paling klop dimakan bersama teh tawar. Cukup mengenyangkan, mungkin karena terbuat dari tepung beras ya. Cocok buat sarapan ataupun teman ngemil sore. Silahkan dicoba ya.


Resep Kue Lak-lak Bali
Sumber: Dapur Umi

Bahan:

1. 100 gram tepung beras
2. Sejumput tepung kanji
3. 250 ml santan hangat
4. Sejumput garam

Bahan Kinca:

1. 50 gram gula merah
2. 30 ml air
3. Sejumput garam
4. 1 lembar daun pandan

Taburan:

Kelapa parut secukupnya dan garam dikukus sebentar

Cara Membuat:

1, Kukus tepung beras selama 15-20 menit. Tabur tepung kanji. Dan siram dengan santan hangat. Aduk rata. Diamkan selama 30 menit.
2. Panaskan cetakan, tuang adonan dan tutup. Panggang dengan api kecil hingga matang. Sisihkan.
3. Rebus semua bahan kinca hingga kental dan mendidih.
4. Sajikan kue lak-lak dengan kucuran kinca gula merah dan taburan kelapa parut kukus.

Selamat Mencoba ^_^





With Love





post signature

No comments: