Lapis Legit Kukus Motif




Bismillah


Sore menjelang malam kemarin sebelum bikin bolu kukus, saya bikin lapis legit. Yup lapis legit. Nekat memang, bukan yang biasa tapi yang bermotif pula, masih pemula gaye betul bikin beginian. Makanya saya bilang nekat, namun senang karena hasilnya memuaskan.

Lumayan rapi jadinya. Buatnya sambil gendong ruqayyah, momong dia dan disambi-sambi. Lapis legitnya yang ekonomis juga, nggak tega kalau harus mecahin 40-60 telur, hehee. Sengaja pilih resep yang kukus, jadi nggak mesti pakai alat buat meratakan, udah rata sendiri, dan hasil warnanya cantik. Ekonomisnya karena cuma pakai 6 telur, asli resepnya 12 telur, tapi saya buat pakai loyang brownies aja, loyang gede nggak muat di dandang saya. Banyak kok hasilnya, puas juga. Dari dulu saya memang nggak begitu suka lapis legit, berasa eneg karena banyak banged telurnya, kesannya berminyak gitu. Sepotong aja udah. Berasa bersalah juga ma tubuh makan yang super kolesterol, :D. Nah kalau dibikin kukus dan sedikit telur begini kan enak, sehat di kantong. Bukan berarti nggak penasaran  bikin yang asli, penasaran juga, tapi nanti aja deh, tunggu ada alat meratakan lapisan itu dulu. Plus kalau udah dapat izin buat mecahin 40 telur. 


Motifnya ini sebenarnya mau buat rainbow, sayang nggak ada warna kuning. Jadinya merah pink putih, hijau, biru dan ungu. Dibuat selang seling. Perlu ketelatenan membuatnya. Merekat satu-satu pakai susu kental manis. Itupun lagi-lagi sambil momong ruqayyah. Berasa banged ya perjuangannya. Senang karena sukses. Zauji aja sampai heran kok buat warna warni begini, nggak saya banged kan telaten begini. Ok deh, resepnya saya dapat dari mbak winar, motifnya saya modifikasi sesuai selera saya. Berikut resepnya.





Resep Lapis Legit Kukus Motif
Sumber: Winarniks
Modifikasi: Dapur Comel Selma
(kalau pakai loyang besar jadi 2x resep ya, saya pakai loyang 20x10x4 cm)

Bahan Lapis Rainbow:

Bahan A:

1. 4 butir telur
2. 100 gram gula pasir
3. 1 sdt vanilie
4. 1/2 sdt garam

Bahan B:

1. 80 gram tepung terigu
2. 15 gram tepung maizena
3. 4 gram bubuk spekuk

Bahan C:

1. 60 gram minyak
2. 25 ml susu cair

Bahan D:

Coklat bubuk secukupnya

Bahan Lapis Bingkai

Bahan A:

1. 2 butir telur
2. 50 gram gula pasir
3. 1/2 sdt vanili
4. Sedikit garam

Bahan B:

1. 40 gram tepung terigu
2. 8 gram tepung maizena
3. 2 gram bubuk spekuk

Bahan C

1. 30 gram minyak
2. 15 ml susu cair

Cara Membuat:

1. Panaskan kukusan. Siapkan 2 buah loyang 22x10x4 cm atau 20x10x4 cm. Oles dengan mentega qtau pengoles loyang, lapis dengan kertas roti lalu oles lagi dengan mentega atau pengoles loyang.
2. Buat lapis rainbow. Kocok telur, gula, vanili dan emulsifier hingga mengembang dan berjejak. Masukkan garam aduk sebentar. Masukkan seluruh bahan B yang telah diayak. Aduk rata. Masukkan bahan C aduk balik hingga rata.
3. Bagi 2 adonan sama rata. Satu bagian adonan yang telah dibagi, dibagi lagi menjadi 3. Adonan 1 dibagi 3 untuk warna merah, orange (saya pink), kuning (saya biarkan plain). Adonan 1 lagi dibagi 3 untuk warna hijau, biru, ungu.
4. Ratakan adonan warna merah di loyang, taburi atasnya dengan coklat bubuk tipis-tipis. Kukus selama 5 menit. Tumpuk dengan adonan orange, taburi dengan coklat bubuk. Kukus selama 5 menit. Tumpuk dengan adonan kuning. Kukus selama 15 menit. Lakukan hal yang sama dengan adonan hijau, biru, ungu. Biarkan dingin. Lalu potong-potong sesuai motif yang diinginkan. Saya potong 1 cm setiap dan susun berselang seling. Tempelkan dengan susu kental manis.
5. Siapkan loyang 20x20x7cm, oles dengan mentega/pengoles loyang, alas dengan kertas roti lalu oles lagi dengan mentega.
6. Kocok bahan A untuk lapis bingkai hingga mengembang, kaku dan berjejak. Masukkan bahan B yang telah diayak. Aduk rata. Masukkan bahan C aduk balik.
7. Bagi 2 adonan. Satu bagian adonan untuk bagian bawah, satu bagian adonan untuk bagian atas. Bagi lagi adonan atas dan bawah menjadi dua bagian. Kukus adonan setengah adonan bawah, taburi dengan coklat bubuk, kukus selama 5 menit. Lakukan lagi dengan sisa adonan lalu kukus selama 15 menit. Saat adonan bawah sudah set, masukkan lapis rainbow yang telah dipotong dan dibuatkan motif dan diolesi susu kental manis bagian bawahnya. Tekan agar padat. Oles atasnya dengan susu kental manis dan tuangkan 60 gram adonan bingkai. Taburi coklat bubuk dan kukus selama 5 menit. Lakukan hingga adonan habis. Dan kukus terakhir selama 15 menit.
8. Dinginkan kue hingga set, potong dan sajikan.

Selamat Mencoba ^_^





With Love







post signature

2 comments:

Rika Oktianti said...

Rajinnya Mba Selma ^_^.
Salut saya. Ada bayi tapi masih sempat bebikinan kue.

selma alan said...

Makasi mbak...soalnya banyak bayi di rumah yang suka ngemil mbak...hehehe