Lapis Moskovis Kukus




Bismillah



Udah lama pengen buat kue lapis moskovis ini, tapi terbentur melulu sama jumlah telur. Karena kue ini beda-beda tipis aja sama lapis legit, cuma ada taburan buah keringnya aja.
Eh ternyata bisa juga dikukus dan telurnya nggak banyak. Kan yang panggang itu 15 kuning telur. Berawal dari lihat moskovis kukusnya mbak ranti, oh ternyata dapat resep dari eda Dame Tobing. Minta ikut gabung ke grup juga. Karena suka ada resep baru dan irit. 

Dan inilah postingan challenge perdanaku. Kue moskovis kukus. Resep eda dame saya modif dikit. Dibuat motif pelangi dan ombre. Buah keringnya pakai sukade dan kismis sultana. Pelanginya juga bukan dengan pewarna, tapi pasta. Jadi yang ungu itu pasta grape, yang merah strawberry, yang hijau pasta melon. Enak rasanya, full buah seperti mix fruit. Makasi resepnya ya.

Ngomong-ngomong soal panggilan "eda" ini, sempat penasaran dan tanya zauji (suami) yang orang "batak" ehee..artinya apa sih. Oh ternyata kakak ipar atau panggilan dekat buat teman perempuan atau kakak. Panggilan sayang bisa juga. Benar nggak ya? Mohon koreksinya ya :).




Resep Lapis Moskovis Kukus
Sumber: Dame Tobing
Modifikasi: Dapur Comel Selma

Bahan:

1. 4 kuning telur
2. 2 putih telur
3. 100 gram gula pasir
4. 1/2 sdt bubuk vanilli
5. 80 gram terigu protein rendah/sedang
6. 1/4 sdt baking powder
7. 50 ml susu cair (pakai santan kental juga bisa)
8. Pewarna secukupnya (Pasta anggur, melon, pisang dan strawberry)

Toping:

Kismis sultana dan sukade

Cara Membuat:

1. Mixer telur, bubuk vanilli dan gula sampai mengembang (kental berjejak).
2. Masukan terigu dan bp sambil diayak bersamaan, aduk balik sampai rata, terakhir masukkan susu cair aduk perlahan hingga rata.
3. Bagi 5 adonan, dua bagian pasta melon, satu lebih muda warnanya (untuk motif ombre), sisanya satu bagian warna merah dari pasta strawberry, satu bagian warna kuning dari pasta pisang, satu bagian warna biru dan satu bagian warna ungu dari pasta anggur.
4. Ambil loyang ukuran 20x10x7cm lapisi dengan kertas roti dan oles tipis dengan margarin dan tabur terigu, Masukan adonan warna merah ke dalam loyang (posisi kukusan sudah mendidih dan panas, pakai api sedang), kukus selama 5 menit taburkan kismis dan sukade masukan lagi adonan kuning, kukus 5 menit lagi.Taburkan lagi kismis dan sukade.
5. Masukkan warna hijau tua dan hijau muda diatasnya, beri motif. Kukus selama lima menit . Tabur sukade dan kismis. Masukkan warna biru, kukus 5 menit. Terakhir masukkan warna ungu. Taburkan sukade dan kismis. Kukus lagi 15 - 20 menit tes tusuk. Angkat.
6. Tunggu dingin, baru potong-potong dan sajikan

Selamat Mencoba ^_^





With Love











post signature

2 comments: