Lapis Pepe




Bismillah


Cemilan sore hari ini dengan lapis pepe. Lapis pepe ini lapis jadul ya teman-teman. Udah lumayan langka karena tergantikan dengan lapis susu atau lapis tepung beras. Padahal lapis pepe ini punya khas sendiri.

Kenyal-kenyal dari tepung sagu. Inget waktu kecil dulu, kalau makan lapis pepe ini suka mencopot lapisan-lapisannya...makannya selapis demi selapis. Begitu terus. Ada nggak teman- teman yang begitu juga? Kalau iya tos dulu ya. Hehee.



Banyak jajanan pasar yang mulai langka. Pamornya terkalahkan dengan kue modern. Seperti halnya lapis legit, lapis surabaya. Walaupun khas daerah juga. Tapi mungkin lapis surabaya lebih kelihatan modern dibandingkan lapis pepe, lapis pati bodin dan kawan-kawannya. Oleh sebab itu, di event bulan ini oleh ykmk, yang pertama kali saya tampilkan adalah lapis paling jadul ini. Mengangkat pamornya lagi ke permukaan. Lapis jadul ini jauh lebih sehat dibandingkan lapis modern yang syarat telur dan mentega. Dimakan banyak nggak eneg. Apalagi pakai resep ini, lapisnya wangi aroma jeruk dan daun pandan. Enak...



Lapis pepe khas betawi ini tidak sulit pembuatannya. Cuma harus telaten ya teman-teman dalam melapisnya supaya hasilnya tipis dan cantik. Setelah jadi, dinginkan dan potong dengan pisau plastik atau yang dioles minyak. Ataupun menggunakan benang jahit supaya hasilnya rapi. Lapis pepe ini lebih mudah dipotong dibandingkan lapis beras karena teksturnya yang kenyal-kenyal.



Yuk berdayakan lagi kue jadul negara kita.



Resep Lapis Pepe
Sumber: Sajian Sedap

Bahan:

1. 1.500 ml santan, dari 1/2 butir kelapa
2. 3 lembar daun pandan
3. 20 lembar daun jeruk purut, buang tulangnya
4. 1 1/4 sdt garam
6. 550 gram gula pasir
7. 625 gram tepung sagu
8. 2 1/2 sdm tepung beras
9. 1/2 sdt pasta cokelat
10. 5 tetes pewarna merah cabai 

Cara Membuat:

1. Campur santan, daun jeruk, daun pandan, gula pasir, dan garam. Masak sambil diaduk  sampai mendidih. Angkat. Saring. Ukur menjadi 1.600 ml.
2. Tuang campuran santan ke dalam tepung beras dan tepung sagu, aduk rata. Ambil 150 ml adonan beri pewarna merah cabai. Aduk rata. Sisihkan.
3. Ambil 650 ml adonan tambahkan pasta cokelat. Aduk rata. Sisanya biarkan putih.
4. Oles loyang persegi 18x18x7 dengan minyak goreng. Tuang 100 ml adonan cokelat. Kukus selama 5 menit. Di atasnya tuang dengan 75 ml adonan cokelat. Kukus lagi selama 5 menit. Tuang 75 ml adonan putih diatasnya, kukus lagi 5 menit. Tuang lagi 75 ml adonan putih. Kukus 5 menit. Tuang lagi 75 ml adonan cokelat. Kukus 5 menit. Tuang lagi 75 ml adonan cokelat. Kukus 5 menit. Lakukan sampai adonan habis.
6. Terakhir, beri 75 ml adonan merah, kukus lagi adonan selama 25 menit. Angkat.

Selamat Mencoba ^_^







With Love








post signature

No comments: