Green Tea and Strawberry Bica Blanca Cake




Bismillah

Bulan ini ada tema baru di grup Lets Baking Together. Setelah lama grupnya vakum, akhirnya mengumumkan pr juga.

Membuat Bica blanca cake, cake yang berasal dari spanyol. Cake putih yang berasal dari putih telur bertekstur padat dan lembut dengan toping yang unik didapat dari bubuk kayu manis atau kerennya cinnamon. Sengaja buat cake ini nunggu dulu sampai mepet deadline setoran karena menunggu oleh-oleh bubuk matcha dari seorang teman yang umroh, mbak anggi. Terima kasih ya mbak, senang sekali akhirnya bisa bikin kue beraroma matcha. 


Bica blanca cake ini asing banged bagiku. Baru pertama tahu kalau ada cake yang namanya kedengaran "sexy" begini, hihii. Penasaran dong ya dengan cake ini. Mau buat yang original? Sayang nggak ada cinnamon bubuk. Yaudah sekalian aja dimodif, pakai matcha dan strawberry. Taburannya coklat bubuk dan sukade. Jadi temanya buah-buahan, hehee. Tapi yang dominan ternyata aroma matchanya, wangi banged. Rasa strawberry dan pisangnya terkalahkan aroma matcha. Kecuali kalau makannya per lapis, baru deh kerasa tiap perisa buahnya.



Bica blanca ini unik teksturnya. Awalnya saya sangka seperti chiffon karena kan pakai putih telur, ternyata lebih padat tapi nggak seperti butter cake yang beremah, ini lembut. Hmm gimana ya menggambarkannya, padat, lembut dan empuk lebih tepatnya. Suka deh dengan cake ini. Cukup mengenyangkan dan jadi favorit krucil.



Sengaja tiap lapisannya dikasi coklat bubuk dan sedikit sukade, supaya nggak nyampur aja. Maunya sih lapisannya rata, tapi mungkin ya karena manggangnya nggak selapis demi selapis tapi sekaligus jadi bergelombang, eh malah mirip topo mopo love cake gelombangnya. Kalau mau rata kan mesti selapis, diratain gitu. Tapi berhubung saya takut gagal kalau cara begitu, jadi manggang sekaligus aja deh, biar resepnya juga nggak lari kemana-mana. :D. Matchanya jangan banyak-banyak ya, khawatir pahit, kenali dulu matchanya, tipe pahit atau nggak. Trus coklat bubuknya juga jangan tebal-tebal, tipis saja, supaya pas rasanya.



Berikut resepnya ya, suka deh dengan cakenya, makasi mbak vivi buat inspirasinya.




Green Tea and Strawberry Bica Blanca Cake
Sumber: Vivi Nowotny
Modifikasi: Dapur Comel Selma

Bahan:

1. 6 putih telur
2. Sejumput garam
3. 325 gram gula pasir
4. 250 gram tepung terigu protein sedang
5. 250 ml whipping cream
6. Mentega secukupnya untuk olesan

Taburan:

Coklat Bubuk dan Sukade

Tambahan per lapis:

1. 1/3-1/2 sdm bubuk green tea buat lapisan hijau
2. 1 sdt essens pisang buat lapisan putih
3. 1 sdt pasta strawberry buat lapisan pink

Cara Membuat:

1. Panaskan oven sampai 180 ke 200 derajat Celcius .
2. Kocok putih telur dengan sedikit garam , tambahkan sedikit demi sedikit gula pasir sampai kaku dan tekstur kocokan terbentuk saat mixer diangkat ( stiff peaks ). Tambahkan tepung , sedikit demi sedikit, sambil di aduk rata dengan kecepatan rendah.
3. Kocok whipping cream sampai lembut ( soft peaks ) dan kemudian aduk rata ke dalam adonan putih telur.
4. Olesi loyang dengan mentega dan lapisi dengan kertas parchment.
5. Bagi tiga adonan, beri perisa tambahan untuk setiap bagian hijau, putih dan pink.
6. Tuang adonan pink, ayak coklat bubuk, tabur sedikit sukade.
7. Tuang adonan putih, ayak lagi coklat bubuk dan tabur sedikit sukade.
8. Terakhir tuang adonan hijau secara merata ke dalam loyang dengan menggunakan spatula . Taburi permukaan adonan dengan coklat bubuk dan sukade.
9. Panggang selama 35 menit, test dengan cara menusukan tusuk gigi pada cake, pastikan adonan cake tidak menempel ( kering ).
10. Keluarkan dari oven, simpan diatas rak kue hingga hangat atau dingin, keluarkan dari loyang dan lepaskan dari kertas parchment. Cake siap di sajikan.

Selamat Mencoba ^_^

bubuk matchanya wangi, suka dengan aromanya, relax dan nenangin 
With Love







post signature

4 comments:

fanny fristhika nila said...

baca ini jam 1 pagi, bnr2 bikin perut jd kriuk :D.. pgn nyobain...

Diarysivika said...

Suka sama pemilihan warna hijau, pink dan pastel tampak cantik dan menggugah selera :D

selma alan said...

Jam satu pagi? Hihi begadang ya mbak...yuk coba buat mbak. Plain tanpa dikreasikan warnannya juga bisa. Tinggal tuang seluruh adonan...beri toping cinnamon, panggang deh.

selma alan said...

Makasi mbak..hehe saya memang suka warna soft begini. Coba bikin yuuk