Nasi Bakar Tumis Teri





Bismillah


Dari dulu saya ini penggemar nasi uduk. Apalagi nasi bakar dengan aroma daun pisang begini. Suka sekali tentunya. Kalau di jawa dan bali banyak yang jual nasi bakar.
Namun di Riau jarang. Membuatnya padahal mudah saja. Umi ngajari sih cara manual dengan merebus dan kukus untuk bikin nasi uduknya. Terus nanti kasi lauk. Lauknya macem-macem, bisa tumis ayam, teri, ikan, apa aja deh. Kemudian bungkus sama daun pisang, dibakar di atas teflon atau wajan sampai wangi. Mudah banged ya. Apalagi sekarang, udah ada magicom, bisa buat nasi uduk pakai magicom, cepat dan ringkas. Eh walaupun ringkas begitu, saya malah jarang buat. Suka kelupaan, hihihi. Padahal mudah. Zauji sampai suprise lihat saya bikin nasi bakar ini. Enak dan wangi katanya. Tumben bikin nasi uduk, hihihi. Nasi untuk nasi bakar ini sebenarnya nggak mesti nasi uduk, nasi biasa juga bisa kok, atau nasi sisa. Makin enak diolah jadi nasi bakar. Coba yuk.




Resep Nasi Bakar Tumis Teri
Sumber: Dapur Umi - Dapur Comel Selma

Bahan: 

1. 200 gr beras, cuci, tiriskan
2. 1 lembar daun salam
3. 1 batang sereh
4. 300 ml santan
5. 3 buah bawang merah, iris
6. 1 siung bawang putih, iris
7. Garam secukupnya

Bahan Isi:

1. 100 gram teri, goreng
2. 2 sdmebi, rendam dan goreng
3. 3 buah bawang putih
4. 3 siung bawang putih
5. 4 buah cabe hijau, iris serong
6. 4 buah cabe rawit, iris serong
7. 1 batang daun seledri, iris kasar
8. Garam secukupnya

Daun pisang secukupnya, untuk membungkus

Cara Membuat:

1. Panaskan minyak, tumis bawang merah hingga layu, masukkan cabe hingga harum.
2. Masukkan bahan lain, aduk rata sebentar. Angkat. Sisihkan.
3. Panaskan minyak, tumis bawang hingga harum, tuangi santan, daun salam, sereh dan garam. Masak hingga mendidih, masukkan beras. Aduk rata, biarkan hingga santan terserap habis dan nasi menjadi aron. 
4. Kukus selama 20 menit hingga matang. Angkat.
5. Ambil selembar daun pisang, beri nasi matang, dan tengah diberi tumisan, bungkus, semat dengan lidi kedua ujungnya. Bakar diatas wajan atau panggangan panas, hingga harum. Sajikan. 

Selamat Mencoba ^_^




With Love












post signature

2 comments:

Rika Oktianti said...

Sama Mba Selma. Di Pontianak pun ga ada yang jual nasi bakar. Saya belum pernah bikin. Kapan-kapan bikin ah. Saya juga belum pernah bikin nasi uduk pake magicom. Itu dedaunannya ga ngambang ke atas kah mba kalau dimasak pakai magic com?

selma alan said...

Iya mbak...coba yuk...sy udh beberapa kali bikin pakai magicom...memang ngambang daunnya..tp nnti tetap wangi kok. Simpel mbak...hehee