Peyek Kacang




Bismillah

Dulu pernah sekali bikin peyek teri, ribet plus lama. Maklum nggak pandai bikinnya. Capek sekali dan makannya cuma sebentar udah ludes, hehehe. Waktu beberes lemari loyang, ketemu cetakan peyek hadiah dari mbak rika. Wah masyaAllah baru inget belum pernah di uji coba. Jadilah malam-malam bikin peyek kacang. Ternyata lebih mudah pakai cetakan peyek ini. Hasilnya juga tipis dan rapi. Ini aja mengaduk bahan, mencetak dan menggorengnya sambil gendong ruqayyah. Mungkin kalau lebih fokus hasilnya lebih bagus lagi. InsyaAllah bisa sering-sering bikin ni, soalnya nggak seribet buat tanpa cetakan. Tapi ada juga keuntungannya, yang tanpa cetakan itu peyeknya gede-gede, kalau ini bulet mini. 



Kalau foto malam-malam dengan mengandalkan cahaya lampu gini kurang sreg banged. Cahayanya keras dan berbayang-bayang. Perjuangan juga memotret di rumahku ini, karena waktu bisa memotret cuma sebentar, dan sumber cahaya cuma satu. Tapi walau begitu nggak menyurutkan keinginan untuk update blog. Walaupun fotonya biasa-biasa aja. Semoga suatu waktu bisa memotret yang bagus dengan cahaya cukup. Aamiin.



Resep Peyek Kacang
Sumber: Mrs.Ho - NCC

Bahan:

1. 100 gram kacang tanah, dipotong melintang menjadi 2 masing-masing butirnya
2. 100 gram tepung beras
3. 35 gram tepung sagu
4. 1 butir telur ayam
5. 160 ml santan encer
6. 2 lembar daun jeruk, iris lembut
7. 1 sdt garam
8. Minyak untuk menggoreng

Bumbu halus:

1. 2 butir kemiri
2. 1 siung bawang putih
3. 1 sdm ketumbar

Cara Membuat:

1. Campur tepung beras, sagu, telur, garam, bumbu halus dan santan. Aduk rata
2. Masukkan kacang tanah dan irisan daun  jeruk, aduk rata.
3. Tuangkan adonan sesendok demi sesendok dipinggiran wajan yang berisi minyak panas dan banyak, hingga membentuk kepingan tipis
4. Goreng dengan api kecil hingga matang

Selamat Mencoba ^_^





 With Love








post signature

No comments: