Steamed Brownies - Brownies Kukus




Bismillah

Ngidam brownies kukus. Habis setiap bikin brownies, selalu bikin yang panggang. Karena simpel dan suka. Cuma sekarang pengen yang beda. Apalagi zauji kan penggemar cake yang lembab seperti cake kukus. 

Brownies kan awalnya memang dipanggang. Yang versi kukus merupakan modifikasinya. Yang khas dari brownies ini adalah coklatnya. Jadi coklati itu wajib hukumnya. Walaupun seperti brownies pandan atau keju, tetap makai coklat, yaitu coklat putih. Kalau nggak pakai coklat, jadi bolu deh, Brownies yang menggunakan coklat putih ini sering disebut blondies. 




Brownies coklat adalah cake datar, pendek dan dipanggang  yang dikembangkan di Amerika Serikat pada akhir abad ke-19 dan dipopulerkan di Amerika Serikat dan Kanada pada paruh pertama abad ke-20. Ini adalah persilangan antara kue kering dan cake. Sebuah variasi yang dibuat dengan gula dan cokelat putih tetapi tanpa cokelat cair dalam adonan disebut brownie pirang atau blondie.

Brownies biasanya dimakan dengan tangan, sering disertai dengan susu atau kopi. Mereka kadang-kadang disajikan hangat dengan es krim, atasnya dengan whipped cream, atau ditaburi dengan gula bubuk.

Salah satu legenda tentang penciptaan brownies adalah bahwa dari Bertha Palmer, seorang sosialita Chicago terkemuka yang suaminya dimiliki Palmer House Hotel. Suatu hari pada tahun 1893, dia meminta seorang koki pastry untuk dessert yang cocok untuk wanita yang menghadiri Pameran Columbus Chicago dunia. Dia meminta kue yang kecil untuk kotak bekal. Hasilnya adalah brownies palmer rumahan dengan kenari dan glaze aprikot. Modern Palmer House Hotel menyajikan makanan penutup untuk pelanggan itu menyatakan terbuat dari resep yang sama. 


Penggunaan pertama dikenal dicetak dari kata "brownies" untuk menggambarkan dessert muncul dalam versi 1896 dari Boston Cooking-Sekolah Masak Pesan hingga Fannie Farmer, mengacu pada molase kue dipanggang secara individual dalam cetakan timah. Jika ditambah ekstra telur dan dimixer lembut maka terciptalah fudgy brownies. - wikipedia

Nah teman-teman, siapa disini penggemar brownies kukus? Di indonesia yang terkenal itu brownies amanda ya. Resep ini memuaskan banged. Nggak kalah dengan yang dijual-jual. Saya buat dua versi, yang biasa dan yang fruit. Warnanya nggak begitu hitam karena memang sengaja mengurangi takaran coklat bubuk dari resep.  Silahkan dicoba ya. 


Resep Brownies Kukus
Sumber: Sajian Sedap

Bahan:

1. 75 gram margarin 
2. 50 gram cokelat masak pekat, potong-potong 
3. 1/2 sendok cokelat pasta 
4. 5 butir telur 
5. 150 gram gula pasir 
6. 1/2 sendok makan emulsifier (sp/tbm) 
7. 80 gram tepung terigu protein sedang 
8. 25 gram cokelat bubuk 
9. 1/2 sendok teh baking powder 
10. 1/4 sendok teh garam 
11. 40 gram meises untuk taburan 

Cara Membuat:

1. Panaskan margarin. Masukkan potongan cokelat masak pekat. Aduk sampai larut. Tambahkan cokelat pasta. Aduk rata. Sisihkan.
2. Kocok telur, gula pasir, dan emulsifier sampai mengembang. Tambahkan tepung terigu, cokelat bubuk, baking powder, dan garam sambil diayak dan diaduk rata.
3. Masukkan campuran margarin sedikit-sedikit sambil diaduk perlahan.
4. Bagi 2 adonan. Satu bagian tuang di loyang 24x10x7 cm yang dialas kertas roti tanpa dioles margarin.
5. Kukus 15 menit dengan api sedang. Tabur meises. Tuang sisa adonan. Kukus 20 menit sampai matang.

Selamat Mencoba ^_^





With Love







post signature

No comments: