Thimpan Pisang




Bismillah


Thimpan aceh. Pertama kali dengar nama thimpan ini dari umi. Waktu kecil sempat beberapa tahun kami sekeluarga tinggal di aceh. Adikku yang kedua juga lahir disana, di kota Subulussalam.

Sekarang banyak berubah pasca tsunami. Entah kemana tetangga kami dahulu. Apakah selamat dari tsunami dan sebagainya, lost contact. Dulu pas masih anak satu dan dua, umi suka bikin thimpan aceh ini. Thimpan ini ada berbagai macam. Ada thimpan pisang, labu, dan ubi. Bisa juga divariasikan dengan ubi ungu. Saya buat yang biasa aja, thimpan pisang. Resep dari umi sih kira-kira aja, saya yang menakarnya. Nah mumpung ada daun pisang, dibuat thimpan ini. Cuma rada nanggung ya, karena kan thimpan itu dibungkus dengan daun muda yang masih menggulung. Jadi kalau dibungkus lengket sendiri ujungnya. Kalau yang biasa, nggak mau "lengket". Yang jelas kuenya wangi aroma daun pisang. Nyam-nyam. Oya resep sarikaya ini dapat banyak, saran saya pakai setengah resep aja atau seperempat resep ya. Lebih enak pakai nangka yang dipotong kecil-kecil, sayang nggak ada disini. Padahal nangkanya itu bikin wangi. Saya ganti jadi vanili bubuk aja.


Saya buat thimpan ini bareng buat nagasari. Zauji lebih suka thimpan katanya. Selain pisangnya lebih kerasa plus kenyal dari tepung ketan. Zauji kan penggemar kue berbahan ketan. Yuk coba buat di rumah. Mudah insyaAllah.




Resep Thimpan Pisang
Sumber: Dapur Umi - Dapur Comel Selma

Bahan Kulit:

1. 3 buah pisang
2. 100 gram tepung ketan (secukupnya aja ya)
3. 25 gram gula pasir

Bahan Isi:

1. 1 butir telur
2. 50 gram gula pasir
3. 50 ml santan
4. 1/2 sdm tepung terigu
5. Secubit garam
6. Sedikit vanilli bubuk

Cara Membuat: 

1. Aduk dengan whisk telur, gula, garam dan vanili. Masukkan santan, aduk rata.
2. Tuang campuran telur ke dalam tepung terigu, aduk rata hingga halus. Masak diatas api kecil hingga kental dan menjadi srikaya. Angkat dan dinginkan.
3. Masak pisang dan gula untuk bahan kulit hingga pisang lembek seperti kolak. Matikan api dan dinginkan.
4. Masukkan tepung ketan sedikit demi sedikit hingga adonan dirasa kalis dan bisa dibentuk.
5. Bentuk bulatan kecil, pipihkan dan isi dengan 1 sdt sarikaya. Tutup dan bungkus dengan daun pisang. Tidak usah disemat lidi. 
6. Kukus selama 10-15 menit hingga matang. Angkat dan sajikan.

Selamat Mencoba ^_^





With Love







post signature

No comments: