Balado Daging (Basah)



Bismillah


Balado daging yang saya buat kali ini persis sekali dengan dendeng balado minang kesukaan saya,
yang basah ya bukan yang kering. Rasanya mirip. Suka banged. Bedanya saya nggak pakai daging dendeng yang tipis dan lebar, potongan daging saya ini kecil-kecil. Alhamdulillah puas dengan resep ini, bisa kembali merasakan masakan daging favorit saya. Ini ya resepnya.


Resep Balado Daging (Basah)

Bahan:

1. 400 gram daging gandik sapi
2. 1.000 ml air
3. 2 sdt garam
4. 1/2 sdt merica bubuk
5. 2 sdt gula merah, disisir halus
6. 1/2 sdt bubuk ketumbar
7. 1 sdt air jeruk nipis
8. 50 ml minyak untuk menumis

Bahan Halus:

1. 8 buah cabai merah besar, direbus, ditumbuk kasar
2. 4 buah cabai merah keriting, direbus, ditumbuk kasar
3. 6 butir bawang merah, ditumbuk kasar
4. 2 lembar daun jeruk, diiris
5. 2 batang serai, dimemarkan
6. 2 lembar daun salam

Cara Membuat:

1. Rebus daging hingga empuk. Angkat. Potong daging melebar searah serat. Ambil kaldu daging sebanyak 300 ml. Sisihkan.
2. Sambal balado, tumis cabai merah, bawang merah, daun jeruk, serai, dan daun salam sampai matang. Masukkan daging. Aduk rata. Tambahkan garam, merica bubuk, dan gula merah. Aduk rata.
3. Tuang kaldu. Masak sampai meresap.

Selamat Mencoba ^_^



With Love







post signature

No comments: