Bolu Kukus Mekar




Bismillah

Alhamdulillah senangnyaaa..akhirnya bisa juga bikin bolu kukus mekar yang betul-betul mekar.
Nggak mekar malu-malu tapi mekar mekrok. Waktu buka kukusan setelah 15 menit mengukus, sport jantung.. jadi nggak ya. Alhamdulillah mekar. Sengaja nggak dibuka-buka tutup kukusannya takut ngempes..hihi. Untuk percobaan pertama ini nggak mau dimodif, ikut plek resep dan malah airnya saya ganti soda. Takut gagal.

Sebelumnya memang beberapa kali bikin bolu kukus mekar. Nggak pernah pakai sp. Karena susah cari sp disini. Pernah jadinya apam mingkem. Pernah juga mekarnya malu-malu. Akhirnya setelah dapat sp, langsung segera bikin dan alhamdulillah jadi.

Sebenarnya bisa saja nggak pakai sp, cuma itu, adonan telurnya gampang banged turun jika dicampur terigu, apalagi mesti antri dikukusnya. Nggak bisa sekaligus banyak. Harus sedikit-sedikit. Saya aja mengukusnya empat aja sekali kukus. Menghayal deh punya klakat biar bisa ngukus banyak-banyak.

Resep ini katanya resep paling simpel. Metode all in one. Sama dengan resepnya mbak sari di cooking class beberapa waktu yang lalu. Berterima kasih banged dengan beliau karena sudi berbagi ilmu plus cetakan bolkusnya. Jadi terkabul juga buat bolkus. Saya buat setengah resep aja dan masih bisa berbagi ke tetangga saking banyaknya. Senang sekali. Lembut seperti yang dijual-jual. Next mau nyoba yang benar-benar semangka karena ini belum sapat motif cakepnya. Ternyata salah cara..hohoo. Pengen juga nyoba bikin bolkus zebra dan gula merah. InsyaAllah.



Resep Bolu Kukus Mekar 
Sumber: NCC - Fithrotal Chaq

Bahan:

1. 450 gram gula pasir
2. 500 gram tepung terigu
3. 4 butir telur
4. 300 ml air soda
5. 1 sdt baking powder double acting
6. 1 sdm sp

Cara Membuat:

1. Campur semua bahan jadi satu, lalu mixer dengan kecepatan tinggi hingga kental dan putih.
2. Panaskan kukusan, alas tutupnya dengan serbet.
3. Bagi adonan menjadi beberapa warna menjadi tiga bagian, merah, putih dan hijau. Masukkan 3/4 adonan merah ke cetakan bolkus yang dialasi cup. Spuit adonan putih diatasnya kemudian adonan hijau.
4. Kukus selama 10-25 menit (saya 15 menit), tes tusuk dan angkat. Sajikan.

Selamat Mencoba ^_^






With Love





post signature

2 comments:

Rika Oktianti said...

Nanti mudik angkut klakat Mba. Pulang mudik berasa pindahan rumah. ^_^

Mesti pakai piping bag Mba biar motif semangkanya dapet. Putih dan ijo dipiping tipis-tipis. Jangan tuang karena pasti tebel.

selma alan said...

Ok mbak rika...insyaAllah mau coba lagi..masih penasaran. Iya mbak..mau angkut klakat ni..hohoo