Donat Abon dan Donat Aneka Toping



Bismillah

Bikin donat ini sore hari, tapi selesainya menjelang malam. Alhamdulillah cepet juga dibandingkan sebelumnya.
Karena makai tipsnya mbak sari kalau proofingnya supaya cepet masukin dalam oven hangat. Ovennya dihangatkan dengan api kecil aja. Abis tu matikan. Lalu letakkan wadah adonan yang ditutup serbet basah atau plastik warp didalamnya. Kalau saya pakai serbet bersih basah. Alhamdulillah mengembang sempurna. Mengulennya agak lama dengan tangan. Setelah kalis saya beri mentega dan garam baru diulen lagi sampai elastis, terakhir saya ulen lagi dengan mixer berkaki spiral. Saya buat setengah resep aja, supaya nggak capek mengulennya, hihii.


Kemudian dengan baca tips mbak hesti supaya dapat cincin donatnya. Jadi panasin dulu minyak dengan api sedang cenderung kecil. Masukkan donat, kecilkan api, masak hingga coklat, balik, masak lagi hingga coklat dan alhamdulillah dapet cincinnya, senang sekali. Donatnya menul-menul, enak. Kalau yang donat toping manis, saya bolongin dengan tutup botol. Jadi agak seragam ya bolongnya. Lumayan cakep ih. Tetap yang favorit toping gula halus aja. Mungkin memang saya suka yang simpel. Pengen yang toping dcc tapi ntar aja deh, lagi buru-buru. Zauji juga suka donatnya. Diam-diam menghabiskan semua donat abonnya. Masya Allah.



Resep Donat Abon dan Donat Aneka Toping

Bahan Adonan Biang: 

1. 200 gram tepung terigu protein tinggi 
2. 150 ml air es 
3. 1/2 sdt ragi instan 

Bahan Dough: 

1. 150 gram tepung terigu protein tinggi 
2. 100 gram tepung terigu protein sedang 
3. 1 sdt ragi instan 
4. 40 gram gula kastor 
5. 30 gram susu bubuk 
6. 2 butir kuning telur 
7. 100 ml air es 
8. 1 sdt garam 
9. 50 gram margarin 

Topping: 

1. Mayonaise dan abon secukupnya 
2. Gula halus, meses dan keju parut


Cara Membuat: 

1. Adonan Biang : campurkan terigu protein tinggi, air es dan ragi instan. Aduk rata dan diamkan selama kurang lebih 1 jam. 
2. Campurkan terigu, susu bubuk, ragi instan, dan gula. Aduk rata. Tambahkan adonan biang dan uleni hingga rata.  
3. Masukkan kuning telur dan air es sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga kalis. 
4. Tambahkan margarin dan garam. Uleni hingga kalis dan elastis. Diamkan selama kurang lebih 30-40 menit atau sampai mengembang 2x lipat. (tutup dengan serbet bersih yang dibasahi sedikit air ya). 5. Kempiskan adonan, bagi sama besar dan bentuk bulat untuk donat abon (@50 gram) dan bentuk bulat dan bolongkan tengahnya dengan tutup botol (@40 gram). 
6. Letakkan adonan di atas loyang yang sudah ditaburi tepung, diamkan selama kurang lebih 20-30 menit. 
7. Panaskan minyak, goreng donat hingga matang dan kecoklatan. Angkat dan tiriskan. 
8. Oles bagian atasnya dengan mayonaise dan beri taburan abon. Yang ada lubangnya tabur dengan gula halus, meses dan keju parut.
9. Siap dihidangkan.

Selamat Mencoba ^_^



With Love






post signature

No comments: