Lattice Apple Pie




Bismillah


Pie lagi ini. Seharian bikin macem-macem pie. Mau belajar gimana bikin kulit pie yang rapi dan cakep.
Saran dari mbak rika kemarin itu dilebihin sedikit dari cetakan pie. Supaya kalau melorot masih cakep. Udah sedikit lumayan hasilnya. Udah lumayan dari kulit pie yang kemarin-kemarin yang kadang melorot atau keropos..hihii #tutupmukapakailoyangpie

Untuk lattice pie ini atau pie anyaman, sengaja pilih apple pie karena memang ada apel sisa acara jamuan kemarin itu. Iseng aja coba-coba bikin latticenya..ternyata susah. Mesti telaten ya. Karena malas sebagian aja yang dianyam..yang lain ditimpa aja..hehehee. jadi anyamannya agak beda-beda ya kalau ada yang merhatiin.

Apple pienya sih enakkkk banged. Suka banged. Resepnya mantep deh. Isinya manis dan kulit pienya gurih. Seperti biasa pakai resep mbak hesti aja.


Resep Lattice Apple Pie
Sumber: Hesti Kitchen

Bahan Kulit:

1. 300 gram tepung terigu protein sedang
2. 150 gram margarine/butter
3. 5 sdm gula halus
4. 1/2 sdt garam
5. 2 kuning telur
6. 5 sdm air es

Bahan Apple Filling :

1. 2 buah apel, potong-potong kecil 
2. Gula pasir
3. Kayu manis bubuk
4. 1/4 sdt garam
5. 1 sdm butter
6. Sedikit maizena + air

Cara Membuat :

1. Siapkan isian : masak gula bersama sedikit air sampai mendidih. Masukkan apel. Tambahkan kayu manis bubuk, butter dan garam. Masak sampai lembut tapi tidak hancur, masih bertekstur. Setelah airnya menyusut, beri larutan maizena yang dicampur sedikit air. Aduk rata sampai meletup-letup. Matikan api. Dinginkan.
2. Kulit pie : tuang terigu, gula, garam dalam wadah. Aduk rata. Masukkan margarine/butter. Aduk menggunakan garpu atau ujung jari-jari sampai berbutir-butir.
3. Tuang telur, aduk asal rata. Tuang air es sesendok demi sesendok sambil diaduk terus menggunakan ujung jari-jari sampai bergumpal. Jangan diuleni atau akan menghasilkan kulit pie yang keras.
4. Simpan di kulkas selama 15-30 menit.
5. Giling tipis menggunakan 2 buah plastik. Bulatkan dengan gelas atau cutter bulat. Letakkan dalam cetakan tarlet atau pie mini. Sisakan adonan kulit pie untuk bikin penutup pie. Potong memanjang menggunakan cutter bergerigi. Tangkupkan di atas adonan isi. Rapatkan ujung-ujungnya agar tidak terlepas pada saat pemanggangan.
6. Tusuk-tusuk dengan garpu. Beri isian apel. Oles kuning telur.
7. Panggang sampai kuning keemasan dengan api 175 C. Angkat.

Selamat Mencoba ^_^



With Love






post signature

No comments: