Meat Floss Roll Bun



Bismillah


Abon sapi ini termasuk oleh-oleh dari mbak anggi juga selain bubuk matcha dan tepung ketan hitam. Senang juga dapat abon ini, karena memang nggak pernah nemu abon di madinah.
Kemarin dapat juga sih abon ikan, tapi abon sapi ini kelihatan lebih cantik buat toping floss roll bun yang dari dulu pengen saya coba bikin. Enak banged lho roti ini. Sayang nggak ada seledri atau daun bawang, padahal kalau dikasi itu pastilah lebih enak dan cantik tampilan rotinya.



Resep Meat Floss Roll Bun

Bahan:

1. 200 gram terigu protein tinggi
2. 50 gram terigu protein sedang
3. 30 gram gula pasir halus (gula kastor) ~ bisa pake gula pasir biasa yg diblender
4. 1 sdm susu bubuk full cream
5. 6 gram ragi instant (1/2 bungkus)
6. 2 butir kuning telur
7. 100 ml air es ~ penggunaan bisa jadi lebih sedikit tergantung kelembaban terigu yg digunakan, tambahkan sedikit demi sedikit sambil diuleni, hentikan jika sudah dirasa cukup
8. 50 gram margarin
9. 1/4 sdt garam

Topping:

1. 1 butir kuning telur, kocok lepas
2. 2 batang daun bawang, iris halus
3. Wijen sangrai secukupnya

Filling:

1. Mayonaise
2. Meat floss (abon sapi)

Cara Membuat:

1. Campur terigu, ragi instant dan bread improver. Aduk rata. Masukkan telur, aduk rata. Masukkan air es sedikit demi sedikit sambil diuleni, hentikan penambahan air jika dirasa sudah cukup. Uleni sampai 1/2 kalis.
2. Masukkan margarin dan garam. Uleni terus sampai kalis dan elastis. Permukaan adonan licin dan adonan tidak mudah sobek jika dibeberkan tipis. Tempatkan dalam wadah, tutup dengan plastik atau serbet lembab. Istirahatkan selama 40 menit atau sampai adonan mengembang 2x lipat.
3. Kempiskan adonan, gilas tipis menjadi bentuk kota ukuran 30x30 cm. Tempatkan dalam loyang ukuran 30x30x3 cm (seperti loyang bolu gulung) yang sudah diolesi margarin. Tusuk-tusuk di beberapa tempat dengan menggunakan garpu agar adonan tidak mengangkat saat dipanggang. Istirahatkan lagi selama 15 menit.
4. Olesi permukaannya dengan kuning telur, taburi wijen dan daun bawang. Panggang dalam oven suhu 180'C selama 15 menit. Jika ada api atas, 3 menit terakhir nyalakan api atas agar warna permukaannya kecoklatan. Jika menggunakan oven tangkring, taruh loyang di rak paling atas.
5. Keluarkan dari oven. Siapkan kertas roti dg ukuran lebih besar dari loyang, balik roti diatas kertas roti. Oles dengan mayonaise, beri abon. Gulung perlahan sambil dipadatkan (gunakan kertas roti sebagai alas tangan saat menggulung). Diamkan sebentar. Potong menjadi 5 bagian. Olesi masing-masing ujungnya dengan mayonaise dan beri abon.

Selamat Mencoba! ^_^



With Love






post signature

No comments: